23 comments on “Ujian Mid Semester Sejarah Asia Tmur

  1. JUGUN IANFU
    Oleh: kiki nofalia
    Prodi sejarah
    Bp: 2012
    “Jugun Ianfu” tidak semua orang pernah mendengar kata-kata itu, ya memang. Kata-kata itu tidak populer ditelinga masyarakat awam. Karena kata-kata tersebut berasal dari bahasa Jepang yang dibahasa Indonesianya disebut budak seksual. Berbeda dengan istilah Comfort Woman, Jugun Ianfu yang ditujukan kepada perempuan yang dipaksa melacur oleh Jepang selama Perang Dunia II sedangkan Comfort Woman melacur karena keinginannya sendiri. Jugun Ianfu pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1942, dan menjadi awal kesuraman, dan catatan terburuk bagi korban-korban Ianfu tersebut.
    Kebanyakan dari korban Jugun Ianfu ini diculik dari rumahnya, tapi ada juga beberapa yang di iming-imingi pekerjaan dengan gaji yang “wah”. Setelah berhasil direkrut mereka ditempatkan diasrama yang yang berbilik-bilik yang biasa disebut ‘‘Rumah Bordil’’. Disana mereka menempati kamar satu-persatu, dan bagi para tentara Jepang yang ingin “memakai” perempuan yag ada dalam kamar yang telah ditempati oleh para-para Jugun Ianfu, tentara tersebut harus membeli tiket terlebih dahulu. Sampai di kamar yang telah dipilih dalam tiket, para tentara Jepang tersebut tidak segan-segan menganiaya para Jugun Ianfu baik dalam kekerasan seksual maupun dengan pukulan atau ancaman akan dibunuh jika para ianfu tidak mau melayani nafsu tantara tersebut. Para Jugun Ianfu tersebut harus melayani 4-15 orang tentara setiap hari tanpa mengenal waktu bahkan ada yang 24 jam nonstop. Benar-benar mengerikan. Tujuan dibentuknya Jugun Infu ini oleh militer Jepang supaya tentara yang bertempur dilini depan tata tertib dan mental mereka tetap terjaga. Dalam keadaan apapun para Jugun Ianfu tetap harus melayani nafsu para tentara Jepang. Sungguh perbuatan yang keji dan mengoyak nurani.
    Para Jugun Ianfu juga harus mengganti nama mereka dengan nama Jepang. Mereka hanya dapat waktu libur ketika hari-hari menstruasi atau hari tes medis tiap bulan. Hanya sedikit para Jugun Ianfu yang hamil karena Para Jugun Ianfu diberi Puyer atau pil anti hamil (sekarang), jika ada yang hamil maka akan diaborsi secara paksa tanpa memikirkan sakit dan ancaman kematian para Ianfu. Ada juga sejumlah Jugun Ianfu yang tidak bekerja di Bordil Militer, beberapa mereka ditawan dirumah seorang Jepang. Mereka dijemput dirumah dibawa ke rumah orang jepang lalu diperkosa selama 3 hari tanpa berhenti dan dibiarkan kelaparan.
    Bagi penghuni asrama, yang sudah memiliki pelanggan tetap mungkin itu sedikit angin segar. Karena pelanggan tetap jarang yang menyakiti, mereka juga tidak mau memaksa. Kadang mereka hanya menghabiskan waktu untuk mengobrol didalam kamar, bahkan ada yang membawakan pakaian, makanan yang bergizi, dan sedikit uang. Tapi tidak semua para Jugun Ianfu memiliki pelanggan tetap karena tidak semua berwajah “dipakai” mereka akan disuruh pulang ke kampung halaman. Ada juga para Jugun Ianfu yang meninggal karena serangan penyakit akibat penderitaan setiap hari. Tetapi mayat mereka dibuang keluar asrama dan diangkut ke tempat sampah, mereka tidak dimakamkan selayaknya manusia. Tak ada pengahargaan sedikitpun atas kemanusiaan.

    JUGUN IANFU DI INDONESIA
    Masa remaja adalah masa yang paling indah, penuh suka cita dan cinta. Rasanya tidak ada satupun orang yang memimpikan masa mudanya yang indah dalam hidupnya dirampas secara paksa sehingga menjadi trauma seumur hidup. Periode penjajahan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945, menjadi masa yang paling kelam dan brutal bagi para perempuan dan remaja Indonesia pada masa itu. Masa remaja para korban adalah tragedi kemanusiaan diantara ratusan ribu, bahkan jutaan perempuan Asia dan Belanda yang mengalami perbudakan seksual.
    Di Indonesia, tempat didirikannya asrama Jugun Ianfu yaitu di Telawang, Kalimantan Selatan. Disana lah tempat remaja-remaja yang berusia 11-21 tahun di jadikan Jugun Ianfu. Korban Jugun Ianfu umumnya direkrut dengan cara pengelabuan. Ada yang mendaftar ingin menjadi pemain sandiwara, pelayan rumah makan, ada yang ingin jadi pembatu rumah tangga. Mereka mendaftar didaerah mereka masing-masing lalu dijanjikan bekerja yang layak di Borneo. Sesampainya di pelabuhan Borneo mereka diangkut ke Telawang dan disuruh menempati asrama yang terlebih dahulu disediakan, disana mereka baru tahu kalau kedatangan mereka ke Borneo telah keliru. Mereka ditempatkan satu orang per-kamar dan dipaksa melayani nafsu tentara jepang yang berperang dilini depan. Para tentara tersebut diharuskan membeli karcis diloket depan pintu terlebih dahulu. Lalu mereka akan pergi ke nomor kamar yang tertera di karcis tersebut. Karcis yang dibawa oleh tentara tersebut harus ditinggal didalam kamar setelah selesai menuntaskan nafsunya. Maka karcis-karcis itulah yang ditukarkan dengan uang oleh para Jugun Ianfu kelak, saat mereka sudah lagi bekerja untuk pulang keJawa.
    Para Jugun Ianfu juga dibekali 1,5 pak rokok Kooa setiap bulan dan bir, karena orang jepang suka mabuk-mabukan. Mereka sering bermabuk-mabukan sebelum meminta hubungan seksual. Diasrama para Jugun Ianfu diberi makan dua kali sehari, mereka harus pandai-pandai membagi waktu dan memanfaatkan situasi agar bisa makan. Kadangkala belum sempat makan tamu sudah datang. Setiap hari para Jugun Ianfu diharuskan melayani tentara Jepang dari 5-15 orang.
    Awalnya rombongan pertama penghuni asrama telawang berjumlah 35 orang, kemudian datang lagi rombongan kedua yang berjumlah 17 orang dan masih banyak lagi rombongan setelah itu. Umumnya korban dari Jugun Ianfu berasal dari Tanah jawa, dan kebanyakan dari Yogyakarta dan Jawa Timur. Sebenarnya bukan cuma perempuan-perempuan Indonesia yang menjadi korban melainkan banyak lagi negara yang menjadi korban seperti negara : Indonesia, Korea Utara, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia, Timor Leste, Filiphina, China, dan Belanda.
    MENCARI KEADILAN
    Pada bulan April 1993 sejumlah anggota Federasi Asosiasi Pengacara Jepang datang ke Indonesia menemui Menteri Sosial Intan Suweno. Mereka mengatakan menyatakan akan membantu Jugun Ianfu Indonesia untuk menuntut kompensasi kepada Pemerintah Jepang. Inten Suweno menanggapi dan mengatakan bahwa Jugun Ianfu Indonesia harus dicari dengan melakukan pendataan. Dalam bulan yang sama Lembaga Bantuan Hukum Yogyakarta melakukan pendataan terhadap Jugun Ianfu. Selama enam bulan pertama lebih dari 300 Jugun Ianfu yang berhasil didata lembaga Bantua Hukum Yogyakarta. Sampai saat ini tercatat 1.156 Jugun Ianfu yang telah didata. Ada dua tuntutan Jugun Ianfu yang utama. Pertama,Pemerintah Jepang harus bertanggung jawab secara hukum yang bersifat resmi kenegaraan terhadap kebijakannya dimasa lampau karena telah menyelenggarakan sistem perbudakan seksual. Kedua, Pemerintah Jepang harus memasukkan masalah Jugun Ianfu kedalam sejarah Jepang agar diketahui oleh masa generasi muda.Pemerintah jepang memang telah menyatakan permintaan maaf, namun baru dalam konteks moral bukan pertanggung jawaban hukum.
    Banyak korban Jugun Iafu yang telah meninggal tetapi ada juga beberapa yang masih hidup, umumnya mereka menderita kesehatan yang buruk akibat kekerasan fisik, psikologis, dan seksual selama mereka menjadi Jugun Ianfu, Dan juga mereka tak punya cukup uang untuk merawat kesehatan. Trauma akibat perbudakan seks yang mereka jalani pada usia yang masih sangat muda, tertekan secara sosial karena oleh masayrakat dianggap sebagai bekas pelacurdan manusia kotor, tertekan karena rasa bersalah karena telah menjadi Jugun Ianfu, dan para korban Jugun Ianfu dalam keadaan miskin karena ditolak bekerja ditengah-tengah masyrakat dengan alasan bekas pelacur.
    Bulan Desember tahun 2000 para korban Jugun Ianfu mengunjungi Jepang guna bersaksi di Pengadilan Rakyat Perempuan Internasional untuk kasus perbudakan seksual militer Jepang yang diselenggarakan oleh Violance Against Women in War-Network Japan (VAWW-NET) dengan dukungan dari negara-negara korban seperti Indonesia, Korea Utara, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia, Timor Leste, Filiphina, China, dan Belanda. Persidanga ini akan menguak fakta sistem perbudakan seksual semasa pendudukan Jepang di Asia tahun 1931-1945.
    Majelis hakim yang memimpin persidangan terdiri dari Gabrielle Kirk McDonald dari Amerika Serikat sebagai hakim ketua, majelis ini beranggotakan Carmen Maria Argibay dari Argentina ( Ketua Asosiasi Internasional Hakim Perempuan), Willy Mutunga dari Kenya ( Ketua Hak Asasi Manusia di Kenya) dan Crhistine Chinkin dari Inggris (Anggota Profesor Hukum dari Universitas London). Sedangkan Jaksa penuntut umum diketuai oleh Ustina Dolgopol ahli undang-undang internasional dan Patricia Viseur-Sellers yang pernah menjadi penasehat hukum pada pengadilan internasional kejahatan perang di Rwanda dan bekas negara Yugoslavia.
    Pengadilan ini berlangsung selama enam hari, tiba giliran survivoe Indonesia untuk bersaksi pada hari ketiga sidang berlangsung. Keempat survivor Indonesia Mardiyem, Suharti, Suhannah, Ema Kastimah maju ke persidangan untuk bersaksi. Dengan tenang para suvivor menjawab setiap pertnyaan yang diajukan oleh pengacara yang diketuai oleh Nursyahbani Katjasungkana, Sh.(Koalisi Perempuan Indonesia) dengan anggota antara lain Antarini Arna, SH,(Koalisi Perempuan Indonesia), Asnifrianti Damanik, SH.(LBH Apik), Paulus Mahalete, SH.(LBH Jakarta). Selain menghadirkan para korban untuk didengar kesaksiaanya, pengadilan ini juga menghadirkan saksi ahli untuk membuktikan kalau perbudakan seksual ini dilakukan secara sistematis dan terencana oleh kebijakan Kaisar jepang. Dalam dakwaannya, tim penuntut umum Indonesia menyebutkan tokoh-tokoh penting yang dianggap bersalah atas pendirian kam-perkosaan selama Jepang menjajah Indonesia 1942-1945. Para terdakwa itu antara lain: Kaisar Hirohito, Hideki Tojo, Rikichi Ando, Hata Shunroku, Seishiro Itagaki, Seizo Kobayshi, Iwan, Matsui, Yoshimiro Umezu, Hisaichi Terauchi, Tomoyuki Yamashita, dan Pemerintah Jepang.
    Sidang ini penuh resiko, Indonesia juga menjadi target kemarahan para demonstran dari kelompok sayap kanan, dalam orasinya mereka menyatakan bahwa Jepang telah memberi kemerdekaan kepada Indonesia, kedatangan Jepang ke Indonesia telah mengakhiri kolonialisasi Belanda yang berabad-abad. Indonesia tidak tahu terima kasih kepada Jepang, malah ikut menyalahkan negara atas kasus perbudakan seksual. Tentunya menyulut kemarahan pihak Indonesia yang dipimpin olah Nursyahbani Katjasungkana, SH, Tim pembela hukum Indonesia usai sidang menggelar konferensi pers dan menyangkal keras tuduhan tidak berdasar kelompok demonstran yang secara terus menerus berorasi didepan Gedung Kudan Kaikan menolak persidangan perempuan internasional ini.
    Hari terakhir sidang digelar ditempat yang berbeda yaitu di Gedung Nihon Seina-kan,Tokyo. Sidang ditutup dengan mengumumkan hasil rekomendasi dari para hakim. Setelah mendengar semua kesaksia korban. Hakim ketua menyatakan bahwa Kaisar Hirohito terbukti bersalah atas terjadinya perbudakan seksual di Perang Asia Pasifik, dan harus meminya maaf kepada setiap setiap korban.

    Catatan saya: telah kita lihat bahwa perempuan merupakan sasaran empuk dalam setiap perang untuk melemahkan pihak lawan. Kita sebagai generasi muda merasa berhutang kepada rahim-rahim mereka para korban Jugun Ianfu yang telah dirusak semasa Perang Asia Pasifk. Semoga tidak ada lagi kekerasan terhadap perempuan diseluruh dunia.

    Referensi : Hindra. Eka, Kimurha. Koichi. 2007. Momoye Mereka Memanggilku. Jakarta. Erlangga.
    Tulisan ini saya buat sebagai tugas ujian mid semester genap saya di STKIP ABDI PENDIDIKAN PAYAKUMBUH atas rekomendasi dari dosen : bapak Fikrul Hanif Sufyan, SS. M. Hum

  2. Nama : REZKY NANDA RAMADANI
    Bp : 2012
    Sejarah: Sejarah
    Tema : JEPANG PADA MASA PERANG ASIA TIMUR RAYA

    Perang yang terjadi di kawasan asia pasifik atau samudra pasifik dan pulau-pulau yang terdapat pada kawasan pasifik atau lebih dikenal dengan Perang Asia Pasifik dan lebih dikenal juga dengan nama Perang Asia Timur Raya.
    Perang ini terjadi rentang waktu antara 1937-1945. Perang ini lebih dulu meletus dibandingkan dengan perang dunia II yaitu pada tanggal 8 juli 1937. Penyebab meletusnya perang di kawasan asia pasifik setelah perang dunia I, jepang berhasil menjadi negara yang besar yang membuat negara ini sejajar dengan negara-negara barat.
    Jepang berkeinginan membentuk negara asia timur raya, dan ingin menjadi negara yang bisa melindungi kawasan asia, dan tentunya ingin menguasai daerah di asia pasifik.
    Beberapa faktor yang menyebabkan negara jepang ingin membentuk negara kekuasaan di asia timur raya :
    1. Jepang ingin menjadi pemimpin asia dengan semboyan yang dikenal dengan 3A.
    2. Jepang merasa lebih kuat dibandingkan dengan bangsa barat yang telah lebih dulu berkuasa di daerah asia pasifik.
    3. Industri di jepang yang sangat berkembang sangat pesat di jepang yang membuat jepang ingin mencari daerah perluasan kekuasaan untuk mencari bahan mentah dan mencari daerah pemasaran.
    4. Padatnya penduduk di negara jepang, membuat jepang melakukan imigrasi penduduknya tersebut.

    Perang asia timur raya berawal dari penyerbuan pasukan, jepang pada pangkalan militer angkatan laut amerika di daerah Hawai. Dengan sangat cepat Pearl Holbour dapat di hancurkan oleh pasukan jepang. Karena penyerangan di lakukan hari minggu, saat pasukan militer Amerika istirahat, dan tidak adanya penyataan perang dari pihak jepang sebelumnya.
    Dan pada hari itu juga pertahanan inggris di Singapura, di lumpuhkan oleh jepang dengan di tenggelamkannya 2 kapal perang inggris pada tanggal 10 Desember 1941. Dengan kemenangannya itu jepang dengan mudah menguasai daerah-daerah asia tenggara, dan juga menyingkirkan Jendral Douglas Mac Arthur dari Filiphina di bawah pimpinan Yamashita, yang membuat orang jepang mendapat julukan Harimau Malaya, maka di kuasailah daerah di lautan pasifik, dan jepang berhasil membentuk negara Asia Timur Raya.
    Namun kegemilangan jepang hanya sampai pada pertengahan tahun 1942, dengan kekalahannya sewaktu perang kapal india dengan Amerika, dan kekalahannya atas Uni Soviet, dan berakhir pada pengeboman 2 kota di jepang yaitu Hirosima dan Nagasaki (6 dan 8 Agustus 1945). Dan membuat jepang menerima kekalahan, dan tandanya selesainya perang di Asia Timur Raya.
    Akibat kekalah perang di kawasan asia pasifik :
    1. Jepang kehilangan daerah jajahannya
    2. Beberapa negara di Asia Tenggara berhasil merebut kemerdekaan termasuk indonesia
    3. Kaisar jepang kehilangan gelar sebagai dewa
    4. Jepang tidak boleh mempunyai angkatan perang, kecuali bela diri

  3. Nama : Refira Andrimi
    Bp : 2012
    Jurusan : Sejarah

    KEADAAN JEPANG PADA MASA RESTORASI MEIJI

    A.RESTORASI MEIJI
    Restorasi Meiji dikenal juga dengan sebutan Meiji Ishin, Revolusi Meiji, atau Pembaharuan Meiji adalah serangkaian kejadian yang berpuncak pada pengembalian kekuasaan di Jepang kepada Kaisar pada tahun 1868.Restorasi Meiji memberikan dampak perubahan besar-besaran pada struktur politik dan social Jepang, berlanjut hingga zaman Edo atau Akhir Keshogun Tokugawa dan awal zaman Meiji.Restorasi Meiji terjadi tahun 1866 sampai 1869.

    Kaisar Meiji

    B.PENYEBAB DARI RESTORASI MEIJI
    1. Keterbelakangan Jepang dibandingkan Negara lain
    Jepang merasa terbelakang dari Negara lain,itu terjadi setelah kedatangan Komandor Amerika Serikat yaitu Matthew C.Perry yang menaiki kapal super besar dan dilengkapi dengan persenjataan dan teknologi yang tinggi dan Jepang jauh ketinggalan dengan kemajuan yang telah dimiliki oleh Amerika Serikat.Sehingga pemimpin Jepang ingin mengembalikan kekuasaan Kaisar dengan melakukan perubahan,yaitu menggabungkan kemajuan Barat dengan nilai tradisional Timur.
    2. Aliansi Sat-cho melawan Keshogunan
    Pembentukan Aliansi ini dipimpin oleh Domain Satsuma dan Kido Takayoshi yang merupakan awal dari Restorasi Meiji.Mereka mendukung Kaisar Komei ayah Kaisar Meiji. Aliansi ini dicetuskan oleh Sakamoto , denga tujuan melawan Keshogunan Tokugawa,Pada 3 Februari 1867,Kaisar Meiji naik tahta setelah wafatnya Kaisar Komei pada 30 Januari 1867.Semasa Restorasi Meiji.
    3. Berakhirnya keshogunan
    Keshogunan secara resmi berakhir pada tanggal 9 November 1867, ketika Tokugawa Yoshinobu menyerahkan kekuasaannya kepada Kaisar.Peristiwa ini merupakan titik awal restorasi.kekuasaan kaisar.Tidak lama setelah peristiwa ini,tepatnya bulan Januari 1868 pecah Perang Boshin yang diawali dengan Pertempuran Toba-Fushini.Dalam peristiwa ini,tentara Domain Choshu dan Domain Satsuma mengalahkan tentara mantan keshogunan.karna kekalahan ini Kaisar Meiji mencopot semua kekuasaan yang dimiliki Yoshinobu,dan restorasi resmi dimulai 3 Januari 1869,Kaisar mengeluarkan deklarasi formal tentang pengembalian kekuasaan ketanganya.Maka semua penyebutan ‘’Taikun’’ dalam perjanjian-perjanjian diganti dengan perkataan kaisar.
    Sejumlah petinggi keshogunan melarikan diri ke Hokkaido dan mendirikan Negara yang bernama Republik Ezo.Namun tentara yang setia kepada Kaisar mengakhiti upaya tersebut dengan pertempuran Hokodate,kekalahan keshogunan menandai ketamatanya dan pemulihan sepenuhnya kekuasaan di tangan kaisar.

    C.KEADAAN JEPANG PADA SAAT RESTORASI
    Pada abad ke 19 Jepang mengalami kelebihan penduduk sehingga Jepang terisolir dari dunia luar selama 265 tahun. Pada saat itu sektor pertanian Jepang hanya memproduksi bahan pangan yang hanya cukup untuk dikonsumsi penduduknya saat itu dan tidak ada penyimpanan bahan pangan untuk mengantisipasi masa-masa paceklik.Berakhirnya Keshogunan Tougawa dan mulainya Restorasi Meiji memberikan peluang untuk Jepang melakukan mederisasi ekonomi yang mengakibatkan dampak sebagai berikut:
    1 Terjadinya pembukaan ekonomi Jepang ke dunia Internasional
    2. Pengangguran petani dan harus kehilangan lahan
    3.Para petani banyak yang berpindah kekota-kota
    4.Dilakukannya emigrasi untuk mengurangi keteganggan social

    Pada tahun 1870 terjadi pertentangan antara paham baru dengan paham lama yang melukiskan awal zaman Meiji.Restorasi Meiji mendanai industrialisai di Jepang demi kebangkitan Jepang untuk membentuk kekutan militer. Restorasi Meiji di Jepang berjalan sangat cepat dan efisien karana pada abad 19 jepang sudah berhasil menjadi kekuatan militer dengan angkatan laut yang sanga tangguh sehingga dapat mengalahkan secara mutlak armada raksasa Rusia di Selat Tsushima dan menyapu bersih kepulauan Sachalin.

    Pada tahun 1871, semua daimyo dipanggil untuk menghadp Kaisar dan menerima perintah pengembalian semua domin kepada kaisar dan sekitar 300 domain diubah menjadiprefektu dan dipimpin oleh gubernur. Yang ditunjuk oleh Negara.Bagi mantan daimyo pemerintah memberi 1/10 dari pendapatan bekas wilayah mereka.
    Pada tahun 1880, atas perjanjian Jepang dengan beberapa Negara Asing, pemerintah jepang mulai membarikan insentif bagi penduduk yang beremigrasi ke Negara-negara tersebut.Arus emigrasi rakyat Jepang adalah ke Negara Brazil dan Amerika Serikat.
    Pada awal abad ke 20,Jepang meglami demokraso Taisho yang membangkitkan ekspansionisme dan militerisme Jepang.Pada saat Perang Duia 1,Jepang berada di phak sekutu yang menang.Sehingga Jepang dapat memperluas wilayahnya. Jepang terus menjalankan politik untuk memperluas wilayahnaya dengan mendududki Manchuria pada tahun 1931.Pada tahun 1933 Jepang keluar dari Liga Bangsa-Bangsa dengan menandatangani Pakta Anti-Komintmen dengan nazi Jerman pada tahun 1936.Pada tahun 1937, invasi Jepang ke Manchuria memicu Perang Sino-Jepang Kedua yang membuat Jepang di embargo minyak oleh Amerika Serikat di Pear Harbor.
    Pada tahun 1941, Jepang bergabung dengan Jerman dan membentuk Poros.Pada bulan Desember jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika serikat di Pearl Harbor sehingga menyeret Amerika Serikat dalam Perang Duni II. Setalah kampaye Militer di Samudra Pasifik, Jepang kehilangan wilayah-wilayah yang dimilikinya pada saat perang. Amerika melakukan pengebonan strategis dikota-kota besar seperti Tokyo,Osaka Nagasaki dan Hiroshima, sehingga 15 Agustus 1945 Jepang menyerah tampa syarat kepada Sekutu.
    Selain dari terjadinya perperangan antara Jepang denga Negara lain,Restori Meiji juga membangkitkan para actor untuk memperjuangkan reformasi yang cerdas serta berdedikasi tinggi.Ttitk berat dari Restorasi adalah di bidang Pendidikan. Banyak pemuda Jepang dikirim ke luar negeri dan Jepang banyak mengambil system Jerma dalam segala prose kehidupanya.
    D.KONSTITUSI MEIJI (1889-1947)

    Konstitusi Meiji
    Konstitusi Meiji dibuat pada tahun 11 Februari 1889 ,tetapi berlaku pada 29 November 1890. Konstitusi Meiji adalah undang-undang Kekaisaran Jepang yang diberlakukan sebagai bagian dari Restorasi Meiji, Undang-undang dasar ini mengizinkan adanya sebuah monarki kontsational yang mencotoh model dari Prusia . Sehingga Kaisar Jepang ditempatkan sebagai penguasa aktif dan mempunyai kekeasaan politik yang besar, tetapi membaginya dengan melantik parlemen.
    Berlakunya Restorasi Meiji telah mengembalikan kekuasaan kepada kaisar setelah lebih dari seribu tahun,Jepang mengalami periode reformasi politik dan social serta proses westernisasi yang bertujuan untuk mengakat Jepang agar dapat sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia Barat.
    Konstitusi Meiji menetapkan batasan yang jelas antara kekuasaan badan eksekutif dan kekuasaan mutlak Kaisar dan juga menciptakan pengadilan Independen. Namun terdapat ambiguitas pada kata-kata dalam naskah dan keterangan yang saling berlawanan.Para pemimpin pemerintah dan partai politik berpendapat bahwa Konstitusi Meiji mendukung tindakan oteriter atau pemerintah liberal-demokrasi. Perselisihan itulah yang kemudian mendominasi pemerintahan Kekaisaran Jepang.
    Konstitusi Meiji digantikan dengan Konstitusi Jepang pada tahun 1947 setelah kekalahannya pada Perang Dunia II,dan mencoba menggantikan system kekaisaran dengan sejenis demokrasi liberal ala barat dan inilah yang menandai berakhirnya Konstitusi Meiji.
    E.Akibat Restorasi Meiji Bagi Jepang
    1. Dibidang kebudayaan,Jepang mendapat pengaruh dari kebudayaan Barat seperti gaya lukisan ukiyo-e
    2. Dibidang Ekonomi, dibukanya perdagangan dengan luar negeri dan menjadi Negara industry maju.
    3.Politik dan sosial adalah;
    • Ditanamkanya pemikiran-pemikiran baru di Jepang seiring dengan perkembangan sosialisme dan proletarianisme.
    • Dibentuknya parlemen.
    • Domain diubah menjadi prefektur.
    • Jepang memiliki administrasi yang sangat rapi.
    4.Bidang Pendidikan:
    • Meningkatkan keinginan masyarakat Jepang untuk mencari ilmu sehingga memiliki pengetahuan yang tinggi serta berkonpetensi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Terwujudnya social order.
    • Ditanamkanya investasi untuk kemajuaan pendidikan.
    • Jepang mulai menerbitkan berbagai macam buku seperti: ilmu pengetahuan , sastra, dan filsafat.

  4. Sejarah asia timur
    Tema “ kebikjasanaan jugun ianfu di asia tenggara
    Di susun :

    O
    L
    E
    H

    Nama : yuliana
    Bp : 2012
    prodi : pend. Sejarah
    dosen : fikrul hanif . s.s.m.hum

    Jugun Ianfu

    Apakah di antara kita semua banyak mendengar atau mengetahui tentang kata kata jugun ianfu ? “ tentu tidak pernah “ karena pada masa ada nya berita tentang jugun ianfu , kita belum lahir pada masa itu , dan coba kita Tanya kepada orang yang ada pada masa itu seperti hal nya nenek kita sendiri , mereka tentu tau tentang hal tersebut karena pada saat masa tersebut mereka sudah lahir .
    Baiklah saat , untuk memperjelas saya sendiri yang akan membahas masalah tentang jugun ianfu . JUGUN IANFU adalah perbudakkan seksual dan dapat kita sebut sebagai “ perempuan penghibur “ . Jugun ianfu pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 1942 berasal dari korea dan cina . Sehubung dengan naik nya permintaan untuk jugun ianfu , militer jepang mulai merekrut perempuan perempuan Indonesia .
    Para perempuan tersebut di culik oleh orang jepang dari rumah nya , di jalan , pada saat bekerja dan ada juga di jual sendiri oleh kepala desa kepada orang jepang tersebut . Seperti yang saya ketahui seorang jugun ianfu di ambil secara paksa harkat dan martabatnya sebagai seorang perempuan untuk di jadikan budak seks pada masa militer jepang .Seperti yang kita lihat pada gambar di bawah ini :
    Gambar di atas ini adalah pada saat perempuan perempuan tersebut di kumpul kan sesudah di culik dan di kumpul kan di sebuah tempat .
    Pada saat mereka semua sudah di kumpul kan mereka semua di bawa dengan menggunakan sebuah truk dan di bawa ketempat dimana semua jugun iangfu di kurung dan di sekap di sebuah rumah yang sangat jauh dari pemukiman penduduk , seperti yang kita lihat pada gambar di bawah ini .

    Seperti yang saya ketahui menjadi seoarang jugun ianfu atau budak seks mereka semua itu di tipu dengan di iming – imingi pekerjaan dan dengan gaji yang banyak , saat menjadi seorang jugun ianfu mereka tidak dapat melawan atau memberontak karena itu sudah menjadi takdir mereka masing – masing .
    Di Indonesia sendiri juga banyak seorang jugun ianfu atau seorang budak seks tetapi mereka sangat pandai dalam menutupi hal tersebut karena di anggap aib bagi mereka , menjadi seorang jugun ianfu mereka harus sabar dalam menghadapi cemoohan dan hina an yang mereka terima di dalam masyarakat .
    Sebagai mana yang saya ketahui setelah membaca buku tentang salah seorang jugun ianfu , dia sangat menderita pada saat melayani setiap militer jepang yang datang kepadanya . Apabila kepuasan seks militer jepang tersebut tidak terpenuhi para jugun ianfu yang melayani mereka akan di aniaya dan di pukuli .
    Menjadi seorang jugun ianfu atau seorang budak seks mereka semua harus rela walaupan di paksa untuk menyerahkan kehormatannya sebagai seorang wanita , serta juga rela kehilangan kebahagiaan nya dan juga harus terpisah dari orang tua dan orang yang mereka sayangi .
    Jika saya sendiri di Tanya , apakah saya mau menjadi seorang jugun ianfu atau seorang budak seks ? tentu saya menjawab dengan sangat lantang dan sangat keras untuk mengatakan “ TIDAK AKAN MAU “ , karena sudah mendengar atau mengetahui sendiri kisah – kisah mereka sebagai seorang jugun ianfu atau seorang budak seks .
    Dari salah satu buku sumber yang saya baca yang berjudul “ MOMOYE (MEREKA MEMANGGIL KU ) “ karangan EKA HINDRA-KOICHI KIMURA , menjadi seorang jugun ianfu atau seorang budak seks jika ketahuan dari merake ada yang hamil akan di paksa untuk menggugurkan kandungannya . Seperti yang kita lihat pada gambar di bawah ini :
    Menjadi seorang jugun ianfu atau budak seks banyak nya masalah yang harus mereka hadapi saat sudah berhenti , yaitu :
     Kesehatan yang memburuk akibat mengalami kekerasan fisik.
     Trauma yang ada di dalam diri .
     Tertekannya perasaan karena di anggap sebagai seorang pelacur atau manusia hina .
     Punya perasaan pada diri sendiri karena pada masa itu tidak bias melawan atau memberontak sehingga kebahagiaan nya di rampas dengan paksa dan tidak manusiawi .
    Seperti yang terjadi di Indonesia menjadi seorang jugun ianfu atau budak seks rasa malu dan hinaan harus mereka beban sampai mati . Sebagian masyarakat yang tau bagaimana pengorbana seorang jugun ianfu atau budak seks mereka akan paham dan prihatin dengan mereka dan ada juga sebagian dari masyarakat tidak mau mengerti dan selalu menganggap bahwa seorang jugun ianfu adalah manusia manusia hina dan kotor .
    Seperti yang kita ketahui pada saat menjadi seorng jugun ianfu atau menjadi seorang budak seks , nama asli mereka di ganti menjadi nama samaran seperti di ganti menjadi nama orang – orang jepang.
    Para jugun ianfu yang merasa marah atau muak dengan pemerintahan jepang yang tidak mau mengakui kebiadapan para militer jepang pada masa perang dunia ke II , mereka mengajukan tuntutan kepada pemerintahan jepang , yaitu :
     Pemerintah jepang harus mengaku bersalah dan meminta maaf kepada korban jugun ianfu secara resmi .
     Memasukkan sejarah jugun ianfu ke dalam sejarah di Negara jepang .
     Harus memberikan santunan kepada para korban jugun ianfu atau budak seks yang masih ada dan masih hidup .
    Para korban jugun ianfu merasa kan kekecewaan yang sangat dalam kepada pihak pemerintahan Indonesia sendiri karena para jugun ianfu di larang untuk tidak menuntut kepada pihak pemerintah jepang mengeluarkan pernyataan resmi dan kompensasi .
    Pemerintahan Indonesia secara formal belum memberikan perjuangan terhadap perjuangan mereka , karena pihak pemerintahan Indonesia belum pernah membicarakan tuntutan para korban jugun ianfu kepada pihak pemerintahan jepang .
    Pihak Indonesia melarang para korban jugun ianfu atau budak seks untuk menuntut kepada pihak pemerintahan jepang karena pihak pemerintahan Indonesia merasa hal tersebut adalah aib bagi bangsa Indonesia di kaca dunia .
    Saya sebagai seorang wanita sangat prihati dengan apa yang menimpa para perempuan – perempuan pada masa itu , dan kita sebagai generasi muda harus menghargai apa yang telah mereka lakukan bukan nya malah menghina atau menghakimi mereka .

    KESIMPULAN :
    Menjadi seorang jugun ianfu atau seorang budak seks bukan lah keinginan mereka semua malahan paksaan dari pihak militer jepang , jika mereka semua menolak maka mereka semua akan di aniaya dan di sakiti .
    Sebagian besar korban jugun ianfu atau budak seks adalah orang Indonesia karena yang menjual mereka para korban jugun ianfu sendiri adalah orang Indonesia yang berpihak klepada orang jepang .

  5. Nama : HANIVA HANUM
    Jurusan : SEJARAH
    BP : 2012

    JATUHNYA KEKUASAAN CINA

    Negara cina pada awal abad ke-20 dalam keadaan krisis, negara tirai bambu itu terpecah belah oleh kekuasaan faksi-faksi yang saling bersekutu, rakyat cina menderita,kelaparan, fondasi negara digeroboti oleh para politisi korup, sementara reformasi politik yang ada di cina yang digulirkan justru membuat keadaan politik kian kacau.
    Negara cina yang dipimpin oleh kaisar Dinasti Qing, baru berusia 7 tahun, merupakan boneka dari ibunya, permaisuri longyu yang dikenal amat politisi yang mendukung dengan kekuasaan permaisuri. Diluar tembok istana , rakyat melakukan revolusi pemberontakan secara terang-terangan.
    Pihak kekaisaran membentuk kekuasaan militer untuk menghadapi pemberontakan yang ada, tetapi karena biaya yang sangat mahal pihak kekaisaran mulai mengadaikan kekuasaan negara kepada pihak asing, pada saat yang bersamaan jenderal Huang Xinang kembali dari jepang, tempat ia mempelajari strategi militer moderen. Saat itu juga ia mendapati tatanan negara asalnya telah porak peranda, namun ia tetap semangat untuk memberhentikan pemberontakan dan Dr sun yat sen juga kembali ke tanah air untuk membantu perperangan Aliansi Revolusi China.
    Di guangzhu fraksi kaum revolusionaris kalah tetapi mereka tetap semangat dalam melakukan pemberontakan di wilayah lain. Terungkap pula pembangkangan dipihak militer karena kezaliman kekaisaran yang ingin mengiliminasi segala bentuk pemberontakan hingga akar-akarnya. Dua orang pembangkang itu ialah Huang Xiang dan Xu Zonghan, karena mempunyai banyak konflik secara bersama, Huang Xiang dan Xu Zhonghan akhirnya menikah.
    Kesadaran paham nasionalisme China yang diproklamasikan Dr sun Yat sen kian merebut ke seluruh daratan China . Embusan topan politik tersebut membangkitkan nailonalisme China, dan menggerus wibawa rezim kekaisaran serta menggantinya dengan pemerintahan republik.
    Pada tahun 2011 merupakan momentum peringatan satu abad terjadinya revolusi di China yang terjadi pada tahun 1911. Film berjudul 1911 merupakan tribute bagi para mastis yang gugur demi memperjuangkan general refolusi di negeri tirai bambu.
    Proyek yang di buat oleh jeckie chan merupan proyek flemnya yang ke 100, flem ini melibatkan 70 bintang-bintang flem terkenal dari Cina, Taiwan, Hongkong, Makaudan perantauan manca negara. Ternyata flem ini memiliki nilai propaganda, Jecki Chan menyongkong pembiyaan flem ini dan hasil ini tak mengecewakan.
    Flem The last Emperor (1987) arahan sutradara bernardo Berlolucd, flem ini menceritakan sisi lain dari kemelut di balik tembok istana kerajaan. Flem 1911 di rilis pada Desember 2011 dan sempat di jadikan flem pembukan ajang tokyo internasional flem Festival 2011.
    Yang kita ketahui Jeckei Chan banyak melakukan adegan laga yang penuh bahaya, hal ini yang menjadi sorotan utama dalam flem ini. Jeckei chan berupaya membandingkan revolisi Cina dengan revolusi Prancis yang melibatkan patrotisme napoleon banaparti. Chan merupaya mempersonafikasikan dirinya dengan mengembil karakter jendral Huang Xhing.

  6. Nama : Misriani Sri Eki D
    Bp : 2012
    Jurusan : Sajarah

    RESTORASI MEIJI

    Restorasi meiji yaitu serangkaian kejadian reformasi di jepang yang terjadi selama lebih kurang 3 tahun (1866-1869).awal dari restorasi meiji ini yaitu tumbangnya pemerintahan feudal-korup Keshogunan Tokugawa yang berarti berakhirnya zama edo, serta pengembalian kekuasaan di Jepang pada Kaisar pada tahun 1868.
    Restorasi ini menimbulkan akibat perubahan besar –besaran terhadap politik dan social Jepang.Dalam sejarah jepang babak pertama pemerintahan dictator feodalisme korup dimulai dengan kudeta Tokugawa Leyasu , yang di sebabkan karena terhalangnya oleh garis keturunan untuk menjadi seorang jendral . Tokugawa Leyasu memalsukan sislsilah keluarganya menjadi Klan Minato agar bisa menjadi seorang Shogun .Shogun itu sendiri dalam bahasa Jepang berarti Jendral panglima tertinggi angkatan bersenjata di jepang.Yang berhak di jabad oleh orang yang bergaris keturunan Klan Minato.
    Ini merupakan awal dari ke diktatoran militer Feodalisme di jepang Keshogunan tokugawa ini berkuasa secara turun-menurun sebanyak 15 generasi sejak pengangkatan tokugawa Leyasu dan berakhir ketika tokugawa Yoshinsbu, Shogun terakhir yang mengembalikan kekuasaan ke tangan kaisar.Zaman ini disebut juga dengan zaman kegelapan , Keshogunan Tokugawa atau Keshogunan Edo.Pada zaman ini kekuasaan kaisar yang berkedudukan di Kyoto hanyalah sebuah symbol saja, karena istana kaisar hanya mengeluarkan kebijakan sedangkan yang menjalani wewenangnya yaitu Klan Shogun Tokugawa.
    Pada zaman ini terdapat pembagian seperti tingkatan kasta atau kelas,yang paling tinggi yaitu Samurai, diikuti oleh petani, pengerajin, dan pedagang.Karena adanya perbedaan kelas seperti ini menyebabkan pemberontakan yang sering terjadi .Tokugawa memberikan pajak yang semena-mena kepada para petani .
    Sebagai kelas yang tertinggi Samurai yang menguasai tanah harus menanggung akibatnya.Karena jumlah pajak yang di kumpulkan semakin harinya berkurang.Dengan berjalanya waktu semakin banyak kelompok yang anti terhadap Keshogunan Tokugawa, yang semakin hari semakin kuat.Pada saat itu muncullah era yang disebut dengan era Bakumatsu yang mulai mengancam keturunan era edo.
    Pada waktu ini Jepang masih terkukung dalam isolasi mulai membuka mata terhadap kemajuan di dunia barat.Keshogunan akhirnya melahirkan sebuah kerjasama dengan orang asing dalam perjanjian Shimoda dan perjanjian Towsen Harris yang membuat Jepang sadar dan bangkit dari keterpurukan korup Tokugawa.Perlawanan terhadap penguasa korup dan anti barat menjadi dua kekuatan yang mengobarkan perlawanan pada Feodalisme Keshogunan .Perjuangan yang pro-kaisar membuahkan hasil.Pada tahun1867 Tokugawa Yoshinabu menyerahkan kekuasaan ke tangan kaisar, kaisar komei.Pada tahun 1867 kaisar Komei wafat dan digantikan oleh anaknya yang bernama Kaisar Meiji.
    Pada januari 1868, pecahlah perang Boshin( perang tahun naga dan pertempuran toba fushimi).Pada saat itu tentara mantan Keshogunan kalah .Kaisar Meiji mencopot semua kekuasaan yang dimiliki Yoshinobu dan restorasi dapat dimulai.Kaisar Meiji mengumumkan bahwa yang berkuasa saat itu ia lah dirinya.Sejumlah petinggi dari Keshogunan mengajak tentaranya melarikan diri ke Hokkaido dan mendirikan Negara merdeka bernama Republik Ezo.
    Semasa restorasi Meiji , feodalisme Jepang secara perlahan-lahan digantikan oleh ekonomi pasar dan menjadikan Jepang sebagai Negara yang dipengaruhi oleh Negara-negara barat hingga kini.Pendidikan merupakan tombak reformasi dan modernisasi restorasi Meiji yang membuat berhasil restorasi Jepang ini .Faktor lain yang membawa keberhasilan restorasi adalah karakteristik kepribadian bangsa Jepang yang dipengaruhi oleh spirit Bushido dan filosofi Samurai yang sengat astetik,pekerja keras, disiplin yang tinggi,pantang menyerah, totalitas,loyalitas dan menjunjung tinggi tradisi.
    Dalam waktu kurang dari 4 dekade , restorasi Meiji sukses mengakselirasikan industrilisasi di Jepang yang dijadikan modal untuk kebangkitan Jepang sebagai kekuataan militerpada tahun 1905 dengan sloganya “Negara makmur,militer kuat”(fukoke kyohei).Dengan semangat Bushido samurai khas ksatria Jepang , Negara ini mampu merefolusikan feodalisme korup yang telah berlangsung 265 tahun dan kini menjadikan Negara maju dalam industry dan berkuasa dalam ekonomi diarena dunia.
    Jadi restorasi Meiji ini adalah perubahan kehidupan masyarakat jepang dari seorang pemimpin yang korup berubah menjadi dipimpin oleh seorang kaisar yang besa memikirkan rakyatnya.

  7. Nama : Refira Andrimi
    Bp : 2012
    KEADAAN JEPANG PADA MASA RESTORASI MEIJI

    A.RESTORASI MEIJI
    Restorasi Meiji dikenal juga dengan sebutan Meiji Ishin, Revolusi Meiji, atau Pembaharuan Meiji adalah serangkaian kejadian yang berpuncak pada pengembalian kekuasaan di Jepang kepada Kaisar pada tahun 1868.Restorasi Meiji memberikan dampak perubahan besar-besaran pada struktur politik dan social Jepang, berlanjut hingga zaman Edo atau Akhir Keshogun Tokugawa dan awal zaman Meiji.Restorasi Meiji terjadi tahun 1866 sampai 1869.

    Kaisar Meiji

    B.PENYEBAB DARI RESTORASI MEIJI
    1. Keterbelakangan Jepang dibandingkan Negara lain
    Jepang merasa terbelakang dari Negara lain,itu terjadi setelah kedatangan Komandor Amerika Serikat yaitu Matthew C.Perry yang menaiki kapal super besar dan dilengkapi dengan persenjataan dan teknologi yang tinggi dan Jepang jauh ketinggalan dengan kemajuan yang telah dimiliki oleh Amerika Serikat.Sehingga pemimpin Jepang ingin mengembalikan kekuasaan Kaisar dengan melakukan perubahan,yaitu menggabungkan kemajuan Barat dengan nilai tradisional Timur.
    2. Aliansi Sat-cho melawan Keshogunan
    Pembentukan Aliansi ini dipimpin oleh Domain Satsuma dan Kido Takayoshi yang merupakan awal dari Restorasi Meiji.Mereka mendukung Kaisar Komei ayah Kaisar Meiji. Aliansi ini dicetuskan oleh Sakamoto , denga tujuan melawan Keshogunan Tokugawa,Pada 3 Februari 1867,Kaisar Meiji naik tahta setelah wafatnya Kaisar Komei pada 30 Januari 1867.Semasa Restorasi Meiji.
    3. Berakhirnya keshogunan
    Keshogunan secara resmi berakhir pada tanggal 9 November 1867, ketika Tokugawa Yoshinobu menyerahkan kekuasaannya kepada Kaisar.Peristiwa ini merupakan titik awal restorasi.kekuasaan kaisar.Tidak lama setelah peristiwa ini,tepatnya bulan Januari 1868 pecah Perang Boshin yang diawali dengan Pertempuran Toba-Fushini.Dalam peristiwa ini,tentara Domain Choshu dan Domain Satsuma mengalahkan tentara mantan keshogunan.karna kekalahan ini Kaisar Meiji mencopot semua kekuasaan yang dimiliki Yoshinobu,dan restorasi resmi dimulai 3 Januari 1869,Kaisar mengeluarkan deklarasi formal tentang pengembalian kekuasaan ketanganya.Maka semua penyebutan ‘’Taikun’’ dalam perjanjian-perjanjian diganti dengan perkataan kaisar.
    Sejumlah petinggi keshogunan melarikan diri ke Hokkaido dan mendirikan Negara yang bernama Republik Ezo.Namun tentara yang setia kepada Kaisar mengakhiti upaya tersebut dengan pertempuran Hokodate,kekalahan keshogunan menandai ketamatanya dan pemulihan sepenuhnya kekuasaan di tangan kaisar.

    C.KEADAAN JEPANG PADA SAAT RESTORASI
    Pada abad ke 19 Jepang mengalami kelebihan penduduk sehingga Jepang terisolir dari dunia luar selama 265 tahun. Pada saat itu sektor pertanian Jepang hanya memproduksi bahan pangan yang hanya cukup untuk dikonsumsi penduduknya saat itu dan tidak ada penyimpanan bahan pangan untuk mengantisipasi masa-masa paceklik.Berakhirnya Keshogunan Tougawa dan mulainya Restorasi Meiji memberikan peluang untuk Jepang melakukan mederisasi ekonomi yang mengakibatkan dampak sebagai berikut:
    1 Terjadinya pembukaan ekonomi Jepang ke dunia Internasional
    2. Pengangguran petani dan harus kehilangan lahan
    3.Para petani banyak yang berpindah kekota-kota
    4.Dilakukannya emigrasi untuk mengurangi keteganggan social

    Pada tahun 1870 terjadi pertentangan antara paham baru dengan paham lama yang melukiskan awal zaman Meiji.Restorasi Meiji mendanai industrialisai di Jepang demi kebangkitan Jepang untuk membentuk kekutan militer. Restorasi Meiji di Jepang berjalan sangat cepat dan efisien karana pada abad 19 jepang sudah berhasil menjadi kekuatan militer dengan angkatan laut yang sanga tangguh sehingga dapat mengalahkan secara mutlak armada raksasa Rusia di Selat Tsushima dan menyapu bersih kepulauan Sachalin.

    Pada tahun 1871, semua daimyo dipanggil untuk menghadp Kaisar dan menerima perintah pengembalian semua domin kepada kaisar dan sekitar 300 domain diubah menjadiprefektu dan dipimpin oleh gubernur. Yang ditunjuk oleh Negara.Bagi mantan daimyo pemerintah memberi 1/10 dari pendapatan bekas wilayah mereka.
    Pada tahun 1880, atas perjanjian Jepang dengan beberapa Negara Asing, pemerintah jepang mulai membarikan insentif bagi penduduk yang beremigrasi ke Negara-negara tersebut.Arus emigrasi rakyat Jepang adalah ke Negara Brazil dan Amerika Serikat.
    Pada awal abad ke 20,Jepang meglami demokraso Taisho yang membangkitkan ekspansionisme dan militerisme Jepang.Pada saat Perang Duia 1,Jepang berada di phak sekutu yang menang.Sehingga Jepang dapat memperluas wilayahnya. Jepang terus menjalankan politik untuk memperluas wilayahnaya dengan mendududki Manchuria pada tahun 1931.Pada tahun 1933 Jepang keluar dari Liga Bangsa-Bangsa dengan menandatangani Pakta Anti-Komintmen dengan nazi Jerman pada tahun 1936.Pada tahun 1937, invasi Jepang ke Manchuria memicu Perang Sino-Jepang Kedua yang membuat Jepang di embargo minyak oleh Amerika Serikat di Pear Harbor.
    Pada tahun 1941, Jepang bergabung dengan Jerman dan membentuk Poros.Pada bulan Desember jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika serikat di Pearl Harbor sehingga menyeret Amerika Serikat dalam Perang Duni II. Setalah kampaye Militer di Samudra Pasifik, Jepang kehilangan wilayah-wilayah yang dimilikinya pada saat perang. Amerika melakukan pengebonan strategis dikota-kota besar seperti Tokyo,Osaka Nagasaki dan Hiroshima, sehingga 15 Agustus 1945 Jepang menyerah tampa syarat kepada Sekutu.
    Selain dari terjadinya perperangan antara Jepang denga Negara lain,Restori Meiji juga membangkitkan para actor untuk memperjuangkan reformasi yang cerdas serta berdedikasi tinggi.Ttitk berat dari Restorasi adalah di bidang Pendidikan. Banyak pemuda Jepang dikirim ke luar negeri dan Jepang banyak mengambil system Jerma dalam segala prose kehidupanya.
    D.KONSTITUSI MEIJI (1889-1947)

    Konstitusi Meiji
    Konstitusi Meiji dibuat pada tahun 11 Februari 1889 ,tetapi berlaku pada 29 November 1890. Konstitusi Meiji adalah undang-undang Kekaisaran Jepang yang diberlakukan sebagai bagian dari Restorasi Meiji, Undang-undang dasar ini mengizinkan adanya sebuah monarki kontsational yang mencotoh model dari Prusia . Sehingga Kaisar Jepang ditempatkan sebagai penguasa aktif dan mempunyai kekeasaan politik yang besar, tetapi membaginya dengan melantik parlemen.
    Berlakunya Restorasi Meiji telah mengembalikan kekuasaan kepada kaisar setelah lebih dari seribu tahun,Jepang mengalami periode reformasi politik dan social serta proses westernisasi yang bertujuan untuk mengakat Jepang agar dapat sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia Barat.
    Konstitusi Meiji menetapkan batasan yang jelas antara kekuasaan badan eksekutif dan kekuasaan mutlak Kaisar dan juga menciptakan pengadilan Independen. Namun terdapat ambiguitas pada kata-kata dalam naskah dan keterangan yang saling berlawanan.Para pemimpin pemerintah dan partai politik berpendapat bahwa Konstitusi Meiji mendukung tindakan oteriter atau pemerintah liberal-demokrasi. Perselisihan itulah yang kemudian mendominasi pemerintahan Kekaisaran Jepang.
    Konstitusi Meiji digantikan dengan Konstitusi Jepang pada tahun 1947 setelah kekalahannya pada Perang Dunia II,dan mencoba menggantikan system kekaisaran dengan sejenis demokrasi liberal ala barat dan inilah yang menandai berakhirnya Konstitusi Meiji.
    E.Akibat Restorasi Meiji Bagi Jepang
    1. Dibidang kebudayaan,Jepang mendapat pengaruh dari kebudayaan Barat seperti gaya lukisan ukiyo-e
    2. Dibidang Ekonomi, dibukanya perdagangan dengan luar negeri dan menjadi Negara industry maju.
    3.Politik dan sosial adalah;
    • Ditanamkanya pemikiran-pemikiran baru di Jepang seiring dengan perkembangan sosialisme dan proletarianisme.
    • Dibentuknya parlemen.
    • Domain diubah menjadi prefektur.
    • Jepang memiliki administrasi yang sangat rapi.
    4.Bidang Pendidikan:
    • Meningkatkan keinginan masyarakat Jepang untuk mencari ilmu sehingga memiliki pengetahuan yang tinggi serta berkonpetensi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Terwujudnya social order.
    • Ditanamkanya investasi untuk kemajuaan pendidikan.
    • Jepang mulai menerbitkan berbagai macam buku seperti: ilmu pengetahuan , sastra, dan filsafat.

  8. Nama : Syirwana Maya Sari
    Bp : 2012
    Jurusan : Sejarah

    KEADAAN JEPANG PADA MASA RESTORASI MEIJI

    A. Restorasi Meiji

    Restorasi Meiji ialah suatu gerakan pembaruan atau yang dikenal juga dengan sebutan Meiji Ishin, Revolusi, dan pembaruan. Restorasi Meiji merupakan suatu rangkaian yang menyebabkan perubahan dalam struktur politik dan sosial Jepang. Restorasi Meiji ini terjadi selama tiga tahun yang mencakup akhir zaman Edo dan Awal zaman Meiji.Restorasi Meiji ini juga disebut sebagai jaman “pencerahan” bagi Jepang, karena sewaktu adanya Restorasi Meiji ini Jepang menjadi negara yang maju dan berkembang.
    Restorasi Meiji berhasil menjadikan bangsa Jepang menjadi bangsa modern waktu itu, sebelumnya Jepang merupakan masyarakat yang kolot dan terisolir secara ddengan masyarakat di Eropa Barat. Berkat Restorasi Meiji , negara Jepang banyak mencapai kemajuan-kemajuan yang dicapainya, di antaranya dalam bidang industri, pemerintahan, pendidikan maupun militer.
    Restorasi Meiji memiliki pengaruh yang besar dalam upaya merubah masyarakat Jepang menjadi masyarakat yang modern. Kemajuan-kemajuan yang dicapai setelah Restorasi Meiji ini tidak akan berjalan jika tidak diimbangi dengan kemampuan dan etos kerja yang baik dari masyarakat Jepang sendiri. Kemajuan dalam segala bidang yang dicapai masyarakat Jepang membuat bangsa Jepang melancarkan gerakan imperialism.
    Dalam sejarah Jepang, babak pertama pemerintahan diktator militer feodalisme korup di mulai dengan kudeta Tokugawa Leyasu atas kekuasaan kaisar sebagai sebagai pemerintahan yang sah setelah melalui pertempuran sekihara tahun 1600. Tokugawa Leyasu telah memalsukan silsilah keturunannya karena terharang oleh garis keturunan untuk menjadi Jendral, Sehinnga silsilah keturunannya tersebut berubah menjadi Klan Minamoto agar bisa’’absah’’ menjadi Shogun.Sebab Shogun dalam kontek sejarah Jepang adalah Sei-i Thaishogun, Jendral panglima tertinggi angkatan bersenjata dan hanya berhak dijabat oleh keturunan Minamoto.
    Keshogunan Tokugawa ini berkuasa turun temurun 15 generasi, selama 265 tahun sejak 24 Maret1603 dengan pengakatan Tokugawa Leyasu sebagai Sei-i Teishogun dan berakhir pada tanggal 9 November 1867 ketika Tokugawa Yoshinobu (Keiki), Shogun generasi terakhir mengembalikan kekuasaan ke tangan kaisar (Taisei Hokan).

    Tokugawa Ieyasu, Shogun pertama feodalisme korup dalam sejarah Jepang

    Inilah era zaman edan ala Jepang, yang disebut Zaman Edo. Dimasa ini, kekuasaan kaisar yang berkedudukan di kyoto hanyalah sebatas simbolik belaka tanpa daya, karena istana kaisar hanya mengeluarkan kebijakan, sedangkan yang menjalankan wewenangnya adalah Klan Shogun Tokugawa.
    Dimasa ini, rakyat jepang dibagi” menurut sistem kelas, kelas samurai berada di tingkatan yang tertinggi kemudian di ikuti oleh para petani, pedagang, dan pengrajin. Jadi tidak heran lagi kalau suatu pemberontakan sering terjadi di karenakan kekuasaan yang korup, pembagian sistem kelas yang tidak merata, dan pajak yang semena” terhadap kelas yang paling bawah.
    Samurai sebagai kelas paling atas memiliki tanggung jawab yang besar terhadap bawahannya. Contohnya saja dalam hal pajak yang semakin hari nilainya semakin berkurang, sehingga menimbulkan perselisihan antara kelas atas dan kelas bawah.
    Era Edo mulai terancam keruntuhan disebabkan oleh kedatangan kapal hitam angkatan laut amerika serikat yang dipimpin oleh Komodor Matthew C. Perry tahun 1853, selama ini jepang telah terkurung dan sekarang jepang telah menyadarinya dan mencoba untuk membuka mata melihat kemajuan dunia barat, dengan perjanjian Shimoda dan perjanjian Harris, Jepang menumbuhkan kesemangatan untuk bangkit dan keterpurukan yang selama ini terkurung.
    Pertempuran mulai menghebohkan antara perlawanan penguasa korup dan sentimen anti barat yang menjadi dua kekuatan yang mengobarkan perlawanan terhadap feodalisme keshogunan. Sakamoto Ryoma telah mengeluarkan pembentukan aliansi nasionalis pro kekaisaran Satsuma. Choshu antara Saigo Takamoli (Pemimpin Domain Satsuma) dan kido Tkayoshi (pemimpin Domain Choshu) untuk melawan keshogunan yang didukung samurai elit shinsengumi.
    Berkat slogan politik “sonno joi” (dukung kaisar, usir barbar) telah menumbuhkan hasil bagi kaisar Meiji, karena Meiji naik tahta menggantikan ayahnya. Dengan peristiwa inilah titik awal “restorasi” kaisar Meiji.
    Januari 1868, terjadi pecah perang Boshil (perang tahun naga) dan pertempuran Toba Fushimi, dengan pertempuran itu tentara mantan keshogunan.. kaisar Meiji mencopot semua kekuasaan yang di miliki Yoshinobu dan “restorasi” secara resmi dapat di mulai.

    Remaja Kaisar Meiji dengan perwakilan asing di akhir Perang Boshin , 1868-1870.

    Suatu hari kaisar jepang mengumumkan kepada semua kepala negara dari negara” asing beserta bawahannya mereka bahwa izin telah di berikan kepada Shogun Tokugawa Yoshinobu untuk mengembalikan kekuasaan pemerintahan sesuai dengan pemerintahannya sendiri.
    Sebagai petinggi mengajak tentaranya untuk melarikan diri ke Hokkaido, dan mencoba untuk membangun negara yang merdeka dengan nama Republik Ezo, namun sebagian ada tentara yang setia kepada kekaisarannya sehingga membantu untuk mengakhiri upaya mereka dalam pertempuran Hakodate di Hokkaido.
    Kekuasaan kaisar telah memperkenalkan upaya” konsolidasi kekuasaannya untuk menghadapi sisa” pemerintahannya pada zaman Edo, Keshogunan, daimnyo dan samurai, tahun 1868 telah disitanya semua tanah feodal milik keshogunan Tokugawa dan di alihkan di bawah “kendali kekaisaran”, dengan tindakan ini mereka di tempatkan di bawah kekuasaan pemerintahan baru Meiji, dan pada tahun 1869, daimnyo Domain Tosa, Domain Hizen, Domain Choshu yang telah berjasa melawan kekuasaan keshogunan, di bujuk untuk mau mengembalikan domain mereka kepada kaisar.
    Selanjutnya Daimyo di perintahkan supaya melakukan hal yang sama untuk penghapusan wilayah domain sehingga tercipta pemerintahan jepang yang terpusat dan berkuasa di semua wilayah negeri.
    Tahun 1871, seluruh daimyo dan mantan daimyo menghadap kepada kaisar untuk menerima perintah pengambilan semua domain. 300 domain telah diubah menjadi prefektur, mantan daimyo telah berjanji untuk mengkaji sebesar 1/10 dari pendapatan bekas wilayah mereka untuk hasil pribadi, kemudian masalah utang”, pembayaran gaji serta tunjangan untuk samurai telah di ambil alih oleh negara.
    Semasa Restorasi Meiji, feodalisme jepang secara pelan” digantikan oleh ekonomi pasar dan jepang menjadi negara yang di pengaruhi negara” barat sampai kini. Restorasi Meiji menekankan pendidikan sebagai nomor satu karena pendidikan menjadi hak dan kewajiban semua manusia, dengan pendidikan inilah negara jepang mencapai keberhasilan dan cepat beradaptasi dengan perkembangan sains dan teknologi barat kedepannya.

    spirit Bushido dan filosofi samurai yang tetap terjaga dari masa ke masa

    Karakteristik jepanglah yang membawa keberhasilan restorasi dan di pengaruhi oleh spirit Bushido dan Filosofi samurai yang sangat asketik, pekerja keras, berdisiplin tinggi, pantang menyerah, dan ramah dalam kehidupannya sehari-hari.
    Akhir abad ke 19, jepang telah berhasil menjadi kekuatan militer dengan angkatan laut yang sangat tangguh. Dalam kurun waktu kurang dari 4 dekade, Restorasi Meiji sukses dalam mengembangkan industrialisasi di jepang yang telah di jadikan modal untuk kebangkitan jepang sebagai kekuatan militer pada tahun 1905 di bawah slogan “Negara Makmur, Militer Kuat” ( Fukoke Kyohei)
    Pengaruh lainnya keberhasilan Restorasi Meiji adalah hadirnya bangsa Amerika di jepang yang membawa perubahan konstitusi jepang yang di buat atas supervisi Jendral MacAthur, dan konstitusi itu masih ada sampai kini berkat Jendral MacAthur. Jepang tumbuh kembali menjadi negara ekonomi yang sangat gagah, sehingga menjadi super power dalam bidang ekonomi hingga sekarang.
    Restorasi Meiji, dengan semangat Bushido samurai khas ksatria jepang, negara ini merevolusi feodalisme korup yang berlangsung selama 265 tahun dan kini menjadi negara maju dalam ekonomi di dunia. Jika di hitung dari awal meletusnya tahun 1853 berarti kini telah masuk tahun ke 152.
    Bagaimana dengan indonesia ? dua sejarah dan latar belakang yang tak jauh berbeda. Sudahkan negeri ini mulai merombak struktur politik, sosial, dan budaya secara menyeluruh dengan semangat juang prawira ksatria-mujahid, khas indonesia seperti halnya semangat Bushido dan Filosofi samurai khas jepang. Entah dengan nama revolusi, reformasi, rekonstruksi atau restorasi, tujuannya adalah perubahan, pembaharuan, dan perbaikan total. Jika belum, sepertinya semua harus bersabar menunggu sampai tahun 2160-an, 150 tahun lagi untuk mengikuti jejak jepang.

  9. Nama : Abdul Rahmat
    Bp : 2012
    Jurusan : Sejarah
    Tema : MAO ZEDONG

    MAO ZEDONG

    Potret Mao Zedong tahun 1936

    A. Mao Zedong di Masa Kecil dan Pendidikannya
    Mao Zedong merupakan seorang yang lahir di tengah keluarga petani miskin dimana Mao lahir pada tanggal 26 Desember 1893 di Shaoshan, Hunan, China. Sejak Mao kecil dia berusaha bekerja keras untuk bertahan hidup di tengah-tengah sisi kehidupan yang sangat memprihatinkan. Ketika Mao Zedong kecil, Mao di kirim untuk belajar di sebuah sekolah dasar yang memiliki paham dan ajaran-ajaran klasik yaitu Konfusianisme. Dalam masa pendidikannya di sekolah dasar Mao di usianya 13 tahun di suruh ayahnya untuk berhenti dari sekolahnya dengan alasan Mao harus bekerja di ladang.Namun kegigihanya dan semangat Mao yang tinggi untuk belajar membuat Mao bertekad untuk memberontak keinginan ayahnya dan pada akhirnya Mao nekat untuk kabur dari rumah dan melanjutkan pendidikanya di tempat lain.Ditempat Mao melanjutkan pendidikannya hingga pada tahun 1905, Mao mengikuti ujian negara yang pada saat itu mulai menghapus sisitem paham –paham konfusianisme , yang kemudian digantikan dengan pendidikan gaya Barat yang mengakibatkan ketidak pastian dari intelektual di China.
    Pada tahun 1911, Mao terlibat dalam sebuah gerakan Revolusi Xinhai yang merupakan gerakan revolusi untuk melawan kekuasaan Dinasti Qing yang berkuasa sejak tahun 221 SM, lebih dari 2000 tahun.gerakan Revolusi ini mengakibatkan runtuhnya kekaisaran di china.Dan pada tahun 1912, republik cina di proklamasikan oleh SunYat-se dan china resmi masuk ke zaman republik.Setelah jatuhnya masa kekaisaran di China yang kemudian resmi menjadi Republik, Mao melanjutkan pendidikannya dengan mempelajari banyak hal tentang budaya barat.Tepat pada tahun 1918 Mao lulus lalu kuliah di Universitas Beijing .Disini Mao berjumpa dengan orang yang berhaluan Marxis.

    B. Mao Zedong dan partainya

    Mao mendirikan sebuah partai yang diberinama partai mao pada tahun 1921.Semakin hari Mao semakin Vokal di tengah masyarakat China.Antara tahun 1934-1935, Mao merupakan seorang yang memegang peranan utama dengan memimpin tantara Merah China menjadi “Mars Panjang”.Lalu semenjak tahun 1937 Mao ikut menolong tentara China dalam memerangi tentara dai Nippon yang menduduki sebagian besar daerah cina.Dan pada akhirnya perang dunia 2 berakhir di lanjutkan dengan berkobarnya perang saudara.Dalam perang melawan kaum Nasionalis Mao yang memimpin kaum merah akhirnya menang dan pada 1 oktober 1949 Republik Rakyat cina (RRC) di proklamasikan .Mao sangat berpengaruh dan memiliki sugesti yang kuat dalam menjalankan peranannya dalam partai politik Mao yang dibuatnya.

    C. Tokoh Dunia Filsuf Mao Zedong
    Mao Zedong merupsksn seorang filsuf, tetapi Mao bukanlah seorang filsuf yang orisinil. Gagasan Mao yang berlandas pada sosialisme yang merupakan pikiran dari kaum sosialis Karl Marx, Friedrich Engels, Lenin dan Stalin. Namun dalam pemikirannya Mao berpikir tentang “Materialisme Dialektik” yang menjadi dasar pemikiran sosialisme Mao dan penerapannya dan prakteknya, sehingga Mao Zedung disebut sebagai seorang filsuf cina, yang mempunyai pengaruh sangat besar dalam abad ke 20.
    Konsep falsafah Mao Zedong yang paling terpenting yaitu “Konflik”. Dimana Mao berpandangan bahwa : “konflik bersifat absolut dan semesta, hal ini ada dalam proses perkembangan semua barang dan merasuki semua proses dari mula sampai akhir”. Dalam model sejarah Karl Marx yang mengatakan “kelas yang menindas dan kelas yang tertindas, kapital, dan pekerjaan berada dalam suatu konflik yang kekal. Tetapi menurut Mao secara logis konflik akan membawa kita kepada sebuah keseimbangan yang begitu stabil dan harmonis. Jadi konflik itu bersifat abadi. Konsep konflik Mao mempunyai kemiripan dengan konsep falsafah Yin – Yang. Mao Zedong memberikan sebuah contoh tentang konflik dalam disiplin yang berbeda-beda yang di adopsinya dari Lenin. Namun pendapat Mao menjadi meragukan apabila Mao mengatakan bahwa konflik – konflik merupakan sebuah intisari daripada disiplin ilmu pengetahuan yang saling bersangkutan dan terkait.
    Mao adalah seseorang yang terpelajar dimana pendapat atau pengertiannya yang salah dapat ia terangkan, sehingga memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam keputusan pilitiknya. Namun yang mempengaruhi pandangan falsafah Mao Zedong adalah konsep Yun-Yang. Mao tidak hanya mengenal paham Marxisme tetapi Mao juga mengenal paham Neokonfusianisme.

    Konsep Yin Yang memengaruhi pandangan falsafi Mao Zedong.

    D. Mao Zedong dan Kebijakan Politiknya
    Pada dasarnya Mao Zedong mengklasifikasikan konflik menjadi dua jenis yaitu konflik Antagonis dan Non Antagonis, dimana konflik Antagonis hanya dapat di selesaikan ddengan jalan pertempuran dan jika konflik Non Antagonis bila di selesaikan dengan jalan diskusi. Konflik antara buruh dan pekerja dengan kapitalis adalah merupakan konflik antagonis namun konflik antara rakyat cina dengan partai merupakan sebuah konflik non antagonis.
    Mao Zedong pada tahun 1956 memperkenalkan sebuah bentuk kebijakan politik barunya dimana para kaum intelektual dapat untuk diperbolehkan mengeluarkan pendapat dengan mottonya “Biarkan seratus bunga berkembang dan seratus pikiran yang berbeda-beda bersaing”. Namun sayang kebijakan ini gagal, karena kaum intelektual merasa tidak senang dan puas dengan mengeluarkan banyak bentuk kritik. Ironisnya 700.000 kaum intelektual di tangkap dan di suruh bekerja paksa di daerah pedesaan akibat dari Mao yang merasa dirinya di hianati. Mao Zedong merupakan seorang yang percaya bahwa bersifat kekal, lalu ia melakukan penumpasan dan penangkapan terhadap para kaum kontra revolusioner. Pada tahun 1966 terjadi sebuah peristiwa yang paling dramatis dan mengenaskan hati yang di sebut dengan revolusi kebudayaan. Dalam peristiwa ini kaum intelektual di dukung oleh dosen-dosen, pembesar-pembesar partai di cina juga Mao Zedong dengan membentuk sebuah unit militer yaitu “Garda Merah” yang dibekali “Buku Merah” Mao Zedong dengan tujuan mereka menyerang antegritan kapitalisme dan pengaruh barat juga kaum kontra revolusioner. Dengan terjadinya hal ini keadaan di cina sangat genting dan hamper mendekati fase kehancuran juga tidak berjalannya sistem ekonomi. Untuk mengatasi situasi ini Mao Zedong mengutus dan mengerakkan tentara pembebasan rakyat hasilnya adalah terjadinya perang saudara yang berakhir pada tahun 1968 di cina.

    E. Kegagalan Mao Zedong
    Kegagalan yang dihadapi Mao Zedong yaitu berkisar pada saat ttahun 1958. Kegagalan ini disaat Mao menerapkan suatu bentuk sistem baru yaitu “Lompatan jauh ke depan” dengan revolusionernya. Dalam sistem ini desa-desa di teorganisasi secara total dan menyeluruh dengan membuat perkumpulan, namun ternyata akibat dari perkumpulan yang besar terjadinya kegagalan ekonomi. Kelompok” yang terlalu besar menjadi tak ter urus. Sangat tragis kurang lebih hamper 20 juta jiwa penduduk cina tewas secara sia-sia.
    Ketua
    Mao Zedong
    毛泽东

    Potret Mao Zedong tahun 1960-1966

    F. Mao Zaedong dan PBB

    Sepak terjang Mao Zaedong yang begitu sangat di pengaruhi dikalangan rakyat Cina dengan gerakan Revolusi yang di gagasnya menjadi Mao Zaedong menjadi seorang tokoh yang sangat penting di Cina. Tepatnya usaha untuk perubahan dirintis dengan tidak mudah, hingga akhirnya pada tanggal 1 oktober 1949. Mao zaedong memproklamasikan cina dengan nama Republik Rakyat Cina . dengan Mao Zaedong sebagai presiden pertama.namun sayangnya proklamasi cina ini tidak di akui koleh Amerika serikat, USA hanya mengakui Cina sebagai Republik nasionalis Cina dengan daerah kekuasaan pulau Farmosa, Taiwan , dan pulau di sekitarnya. Sejak dirintisnya PBB (perserikat bangsa-bangsa) Cina telah menjadi anggota dewan keamanan PBB bersama, USA, Britani Raya, Prancis dan Unisoviet ( Rusia sebagia pemenang perang dunia II.

    G. Warisan Mao Zedong dan Republik Rakyat China

    Pada tanggal 9 september 1976 Mao Zedong meninggal di Beijing China.Mao zedong meninggal dalam rentang usia 82 tahun.Mayatnya di semayamkan di ketua Mao Mamorial Hall, Beijing, China.mao zedong merupakan seorang yang berkebangsaan han China. Setelah meninggal Mao Zedong republik rakyat Cina menjadi negara yang sangat terbuka dalam birokrasi maupun politik. Normalisasinya tewujud dalam hubungan diplomatik China dengan Indonesia pada tahun 1992. Saat pada RRC tampil dan tumbuh sebagia sebuah negara raksasa yang bangun dari tidur panjangnya dan mengalami perkembangan ekonomi yang pesat, melebihi Rusia dan negara penguasa lainnya. Ini semua bisa dikatakan terjadi berkat jasa-jasa Mao zedong untuk republik rakyat cina, dengan faham sosialis berlandas materia listrik dialotik.

    H. KESIMPULAN

    Mao Zedong merupakan merupakan seorang filsut yang mempunyai pemikiran materia listik dialektik yang berdasar pada sosialisme, juga marxisme dan neo leanfusianisme yang mampu membuat perubahan (revolusi) di cina dengan meruntuhkan kekaisaran China serta mengalahkan kaum nasionalis. Sehingga dengan demikian Mao zedong dengan inplentasi politik keperawatannya dalam berorganisasi berhasil memproklamasikan Republik Rakyat Cina (RRC) pada 1Oktober 19949.

  10. MULIA AGUSTINI
    SEJARAH
    BP 2012
    SEJARAH RESTORASI MEIJI

    Sebelum mengetahui lebih dalam, kita terlebih dahulu harus tau apa itu meiji. Meiji adalah serangkain kejadian atau reformasi di Jepang yang praktis terjadi hanya dalam 3 tahun, yaitu pada tahun 1866-1869. Dari zaman Edo sampai awal zaman meiji.
    Sedangkan restorasi meiji adalah salah satu rangkaian kejadian yang menyebabkan perubahan pada stuktur politik dan sosial Jepang.
    Dalam sejarah Jepang, babak pertama diktator militer feodalisme korup di mulai dengan kudeta Tokugawa Leyasu atas kekuasaan kaisarsebagai perintah yang sah setelah melewati pertempuran sekitar tahun 1600.
    Tokugawa Leyasu memalsukan istilah keturunan menjadi klan minato agara bisa absah menjadi shogun. Dalam kpnteks sejarah Jepang shogun adalah Sei-i Tashogun, Jendral panglima tertinggi angkatan bersenjata hanya berhak di jabat oleh keturunan klan Minamoto.
    Tokugawa ini berkuasa secara turun temurun 15 generasi selama 265 tahun, sejak 24 Maret 1603 dengan pengangkatan Tokugawa Leyasu sebagai Sei-Taishogun dan berakhir pada 9 November 1987 ketika Tokugawa Yoshinobu Shogun generasi terakhir mengembalikan kekuasaan kepada tangan kaisar.
    Zaman edo di sebut juga dengan Zaman kegelapan. Pada zaman ini kekuasaan kaisar yang berkaudalatan di kyoto hanyalah simbolik belaka tampa daya. Maksudnya simbolik belaka tampa daya adalah istana kaisar hanyalah mengeluarkan kebijakan sedangkan yang menjalankan wewenang adalah klan Shogun Tokugawa.
    Di masa Toyotomi Hideyoshi rakyat Jepang di bagi-bagi menurut kelas. Kelas yang paling atas di sebut dengan Samurai dan di ikuti oleh petani pengrajin dan yang terakhir adalah pedagang. Karena adanya kelas, sering terjadi pemberontakan. Pemberontakan itu terjadi akibat kekuasaan yang korup, kakunya pembagian sistem kelas dan tidak memungkinkan orang untuk berpindah kelas. Pajak semena-mena yang di kenakan terhadap petani selalu berjumlah tetap tampa memperhitungkan inflasi.
    Karena samurai terletak di kelas paling atas, maka secara otomatis yang menguasi tanah adalah dia. Tapi dia harus menanggung akibatnya, karena jumlah pajak yang di kumpulkan semakin hari nilainya semakin kurang.
    Seiring waktu berjalan Tokugawa justru semakin bertambah kuat. Era bakumatsu datang, era edo mulai terancam keruntuhannya. Dengan kedatangan kapal hitam angkatan laut Amerika Serikat yang di mana pimpinannya adalah Kodor Metthew C. Perry yang tepatnya tahun 1853. Jepang yang selama ini terkurung dalam isolasi, sekarang dia sudah mulai membuka mata dan melihat kemajuan Barat. Kehohogunan yang akhirnya bekerja sama dengan asing dalam perjanjian Shimoda dan perjanjian Towsen Harris mengubah kesadaran bangsa Jepang untuk bangkit dari keterpurukan selama ini.
    Pertempuran mulai memanas, perlawanan terhadap penguasa korup dan sentimen anti barat menjadi dua kekuatan yang mengobarkan perlawanan terhadap peodalisme keshogunan, Sakamoto Ryoma mencetuskan pembentukan Aliansi nasionalisme kekaisaranmembuahkan hasil. Dengan keberhasilan ini, kaisar meiji naik tahta menggantikan ayahnya pada 3 Februari 1967. Peristiwa ini merupakan titik awal restorasi kaisar maiji, meskipun Yoshinabu masih tetap memiliki kekuasaan yang signifikan.
    Pada januari 1868, telah terjadi pertempuran Toba-fushumi. Dalam pertempuran ini tentara aliansi satsuma-choshu mengalkan tentara mantan keshogunan. Kaisar meiji pun mencopot semua kekuasaan yang di miliki oleh Yoshinobu dan retorasi secara resmi di mulai. Dan pada tanggal 3 Januari 1968, kaisar mengeluarkan deklarasi formal tentang pengembalian kekuasaan ke tangannya.
    Setelah adanya peristiwa ini, kaisar Jepang mengumumkan kepada kepada negara beserta bawahannya, kalau Shogun Tokugawa Yushinobu untuk mengembalikan kekuasaan pemerintah sesuai dengan permintaannya sendiri.
    Sejumlah petinggi keshogunan mengajak tentara melarikan diri ke Hakkaido dan mencoba mendirikan negara republik dalam pertempurab Hakodeta di Hokkaido, pada mei 1869. Kekalahan tentara mantan Keshogunan yang di pimpin oleh Enomoto Takeaki dan Hajikata Toshizo menandai tamatnya keshogunan Tokugawa dan pemulihan sepenuhnya kekuasaan di tangan kaisar.
    Pada tahun 1868, semua tanah feodal milik Keshogunan Tokugawa di sita dan di alihkan di bawah kendalali kekaisaran. Tindakan ini sekaligus menepatkan mereka di bawah kekuasaan pemerintahan baru meiji.
    Pada tahun 1869, daimyo Domain Tosa, Domain Satsuma dan Domain Choshu yang telah berjasa melawan kekuasaan Keshogunan, di bujuk untuk mau mengembalikan domain mereka kepada kaisar.
    Pada tahu 1871, semua daimyo dan mantan daimyo di panggil untuk menghadap kaisar untuk menerima perintah pengembalian semua domain kepada kaisar. Sekitar 300 domian di ubah bentuknya menjadi prefektur yang di pimpin oleh gubernur yang di tunjuk oleh negara.
    Semasa restorasi Meiji, feodalisme Jepang secara berlahan-lahan di gantikan oleh ekonomi pasar dan menjadikan Jepang sebagai negara yang di pengaruhi negara-negara barat hingga saat ini. Restorasi Meiji menekankan pendidikan sebagai mata tombak reformasi dan modernisasi. Pendidkan menjadi hak dan kewajiban semua warga.
    Ada hal yang sangat penting dalam membawa keberhasilan restorasi adalah karakteristik kepribadian bangsa jepang yang sangat di pengaruhi oleh spirit Bushido dan filosofi samurai yang sangat asketik, pekerja keras, disiplin tinggi, pantang menyerah dan menjunjung tinggi tradisi, kode etik dan tata krama dalam kehidupan.
    Pada akhir abad ke 19 Jepang sudah berhasil menjadi kekuatan militer dengan angkatan laut yang sangat tangguh, dengan ketangguhannya ia berhasil mengalahkan secara mutlak armada raksasa Rusia di Selat Thushima, menyapu bersih kepulauan Sachalin, mengambil korea dan semenanjung Liau-Tung dari Rusia serta Port Arthur dan Dairen.
    Yang mendasi keberhasilan restorasi Meiji adalah dengan adanya kehadiran bangsa Amerika di Jepang dengan perubahan Konstitusi Jepag yang di buat atas supervisi Jendral Macathur dan konstitusi itu masih berlaku sampai saat ini. D bawah tangan dia, Jepang tumbuh menjadai negara ekonomi yang sangat tangguh seperti yang dulu, sehingga kini ia menjadisuper power dalam bidang ekonomi.
    Restorasi Meiji dengan semangat bushido samurai khas ksatria Jepang, negara ini mampu merevolusifeodalisme korup yang telah berlangsung selama 265 tahun dan kini menjadi negara maju dalam industri dan perkasa dalam bidang ekonomi di arena dunia.

  11. SEJARAH SAMURAI DI JEPANG
    Bicara mengenai Samurai pasti kita akan ngeri mendengarnya karena Samurai banyak digambarkan dengan orang yang selalu membawa pedang yang panjang kemana-mana, tetapi kenyataannya Samurai itu merupakan prajurit kuno Jepang.
    Kata Samurai berasal dari bahasa jepang kuno yaitu “Samorau” yang merupakan kata kerja kemudian, berubah menjadi “Saburau” artinya melayanidan akhirnya berubah lagi menjadi “Samurai” yang berarti bekerja sebagai pelayan bagi sang majikan. Ada juga yang mengatrikan Samurai sebagai perwira militer kelas elit sebelum zaman industralisasi di Jepang.
    Sejaram Samurai sebagai kesatria dimulai pada zaman Heian (794-1185). Ketika istana memberikan tanggung jawab untuk menjaga ketertiban provinsi kepada militer lokal sehingga, menimbulkan munculnya kelas kesatria provinsi. Sejak saat itu Samurai menjadi sebuah kelas sosial baru dalam masyarakat.
    Pada zaman Edo, masyarakat menerapkan kasta-kasta yang dalam bahasa Jepang disingkat menjadi ”Shi Nou Kou Shou” yaitu:
     Shi dari kata Bushi yang berarti Samurai
     Nou dari kata Noumin yang berarti Petani
     Kou dari kata Kounin/Kunin yang berarti Tukang
     Shou dari kata Shounin yang berarti Pedagang
    Mengapa petani ditempatkan pada kasta kedua?,karena pada zaman itu beras merupakan makanan yang sangat diperlukan sehingga menyebabkan para petani menjadi kaya raya. Di Jepang Samurai disubut juga sebagai pahlawan oleh orang-orang Jepang pada masa itu.
    Adapun ciri-ciri seorang Samurai adalah:
    1. Kebiasaan membawa pedang/katana
    Sebelum Samurai di identik dengan pedang dahulunya Samurai di identik juga dengan kesatria penunggang kuda dan busur bahkan dikenal pula dengan kesatria yang tumbuh di punggung kuda. Karena pada masa-masa awal sejarah perkembangan Samurai pedang masih berbentuk lurus sehingga menyulitkan para Samurai dalam menggunakannya dalam perang, apalagi jika digunakan bertarung dalam jarak dekat. Tetapi pedang tetap digunakan walaupun fungsihnya belum terlalu dominan seperti busur panah.
    Barulah sekitar abad XII orang-orang Jepang mulai mengembangkan teknik membuat pedang dengan bentuk sedikit di lengkungkan. Dan saat itu pulalah pedang digunakan oleh Samurai sebagai senjata dalam berperang maupun bertempur.

    2. Kebiasaan bunuh diri
    Bunuh diri khas Samurai di Jepang memiliki dua bentuk yang sudah biasa kita
    dengar yaitu Seppuku dan Harakiri.
    • Seppuku
    Merupakan istila formal untuk mengeluarkan isi perut. Sejak abad XVII Seppuku menjadi vonis mati bagi Samurai yang melanggar hokum yang paling berat dan menjadi sebuah tindakan yang sangat resmi dan berat.
    • Harakiri
    Merupakan istila yang lebih vulgar yang berarti penyobekan perut atau bunuh diri dengan cara menusuk dada/perut kemudian pedangnya diputar, kemudian pedang itu diarahi ke bawah, ke kanan dank e atas sampai usus dan isi-isi perutnya keluar semua.
    Para Samurai sangat mengabdi pada budaya dan negaranya. Apabila mereka kalah, mereka siap mati. Adapun semboyan yang digunakan para Samurai adalah “lebih baik mati untuk negaranya dari pada hidup diselimuti rasa malu”. Begitulah juga dengan pemimpin yang gagal, dia juga bersedia dipenggal kepalanya oleh orang yang telah dia pilih. Dan bagi orang yang telah dipilih merupakan suatu penghormatan karena telah dipilih untuk memenggal kepala sang Samurai. Begitulah tingginya rasa pengabdian mereka kepada Negara dan budaya mereka.
    3. Kebiasaan memperkenalkan diri sebelum bertarung
    Kebiasaan ini pasti kedengaran lucu sekali tetapi itulah kenyataannya. Sebelun
    bertarung para samurai terlebih dahulu memperkenalkan nama dan silsilah keluarga mereka secara lengkap. Hal ini dimaksutkan untuk menyatakan keberanian dan kebanggaan mereka yang luar biasa akan garis keturunan dan latar belakang keluarga mereka. Maka bias kita simpulkan bahwa pada masa lalu para Samurai memilih-milih lawan yang sederajat dengan meraka untuk berduel di medan perang .
    Samurai pada akhirnya mengalami masa tragis, yaitu di era “restorasi atau reformasi Meiji” pada akhir abad ke XIX. Pada era reformasi Maiji hak istimewa dan kelas Samurai dihapuskan dan diganti dengan tentara nasional yang meyerupai Negara Barat. Akan tetapi bagaimanapun juga sifat Samurai, nilai moral dan pedoman tingkah laku Samurai yang dikenal sebagai “bushido” masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini sebagai aspek cara hidup mereka yang lain, bahkan menjadi tuntunan terkuat bangsa Jepang dalam memasuki abad ke XX.

    Disusun Oleh: Yendar Liana
    Prodi : Sejarah
    BP :2012

  12. CINA PADA MASA PERANG DINGIN

    Kejadian masa lalu yang sangat memilukan bagi rakyat cina, karena kekejaman tentara jepang. Hingga sampai saat ini masih dirasakan oleh rakyat cina. Bagi cina masa lalu itu amat menyakitkan, ratusan ribu orang di China dibantai habis-habisan oleh tentara militer jepang. Kekejaman militer jepang kala itu memang sangat menyakitkan orang cina.
    Dendam sejarah rakyat Cina ini dibuktikan dengan setiap ada seorang perdana menteri Jepang yang hendak berkunjung ke kuil Yasukuni, tempat abu prajurit Jepang yang gugur dalam Perang Dunia II, China baik pemerintah maupun orang-orang China sendiri mengecam tindakan tersebut. Fenomena anti- jepang rupanya masih sangat mengakar di China.
    Hubungan Jepang dan China kembali memanas dan mendapatkan momentumnya ketika kepulauan Senkaku / Diaoyu dipertentangkan oleh keduanya. Baik Jepang maupun China mengklaim status kepemilikan pulau tersebut sebagai wilayah kedaulatannya. Sengketa ini memicu ketegangan militer diantara keduanya.
    Untuk mengantisipasi agresifitas Cina, Jepang mulai mengedar latihan dengan menggait Amerika Serikat sebagai pembantunya. Dalam berlatih, namun Jepang juga mengadakan latihan sendiri kerna Jepang sadar tidak selamanya akan berlindung diketiak meliter Amerika. Dengan latihan tersebut jelas menunjukkan pada dunia bahwa Jepang sedang mempersenjatai diri (defensif) dalam rangka menghadapi agresifitas Cina.
    Langka peningkatan kekuatan militer Jepang kian jelas setelah PM Shinzo Abe, berencana menambah alokasi anggaran militernya sebesar 210 milyar Yen. Penambahan anggaran pertahanan itu merupakan kali yang pertama selama satu decade ini.
    Hanya saja bagi beberapa kalangan peningkatan kemampuan militer Jepang dipandang semacam sinyal menuju jalan militerisme Jepang. Tuduhan atau spekulasi seperti itu tampaknya tidak mungkin dan tidak berdasar. Jepang pasca Perang Dunia II bukanlah Negara yang seagresif dulu yang militeristik. Sikap Jepang sesungguhnya hanya merespon tantangan kawasan yang kian menghawatirkan. Baik Cina maupun Korea Utara yang sama-sama menjadi ancaman sudah berkali-kali menggelar latihan perang atau parade militer. Situasi itu tentu membuat gregetan, sehingga peningkatan kemampuan militer adalah langkh yang rasional.

    Nama : INDAH PERMATA SARI
    Bp : 2012
    Prodi : Sejarah

  13. NAMA : NESA KARLINA
    BP : 2012
    PROD I: SEJARAH

    Hubungan Luar Negri Jepang dan Jerman pada masa Restorasi Meiji

    Restorasi Meiji disebut sebagai zaman “pencerahan” Jepang setelah selama 200 tahun lebih tidak berinteraksi dengan hubungan luar yang di pimpin oleh Rezim Tokugama. Jepang mulai menjadi Negara maju karena adanya restorasi meiji. Kata meiji mempunyai arti yaitu orang yang berpikiran cerah. Bangsa Jepang mulai memperbaiki dan berusaha mengejar yang tertinggal. Jepang mulai merubah semua tata cara kehidupannya, mulai dari politik, ekonomi, social sampai pendidikan.
    Dengan adanya perubahan ini meminta Jepang untuk dapat memiliki tata cara kehidupan yang lebih maju karena Jepang pada waktu itu adalah negara kuno dan miskin dengan sakokunya. Pada zaman itu negara yang lebih maju dari Jepang adalah negara barat. Jepang mulai meniru aturan kehidupan dari barat dalam segala bidang. Misi-misi perjalanan ke negara barat dimulai yaitu mengirim pelajar untuk menuntut ilmu sesuai bidang masing-masing dan menfilter terhadap pengaruh yang datang dari negara barat dengan tujuan untuk menuntut ilmu dan menumbuhkan keyakinan bahwa Jepang akan dapat berdiri sama tinggi, duduk sama rendah dengan kemajuan dunia barat.
    Negara yang menjadi patokan Jepang untuk di tiru adalah Negara Jerman. Hubungan kedua negara tersebut sangat menarik karena pemerintahan kedua negara ini didirikan pada tahun yang sama yaitu 1871, Jerman dengan kekaisarannya yang dipimpin oleh Prussia dan Jepang dengan peraturan “Penghapusan Han dan Pendirian Perfektur”. Dan kedua negara ini juga mejalankan pemerintahan secara bilateral, dan Jepang juga mempunyai hubungan kekerabatan dengan Jerman, yaitu orang Jerman datang ke Jepang untuk bekerja pada Dutch Eastu India Company (VOC). Jerman juga mengrim senjata api yang dipesan oleh shogun. Pada zaman Meiji, banyak orng Jerman yang datang bekerja sebagai penasehat pada pemerintahan yang baru dan member sumbangan, terutama dalam bidang obat-obatan, hukum, dan kemiliteran.
    Pengaruh Jerman dalam bidang politik
    Itto Hirobumi dikirim ke Amerika dan Eropa untuk belajar sistem pemerintahan negara-negara barat. Dipimpin oleh Bismarck, yang dilakukannya adalah memperkuat kedudukan golangan bangsawan dengan membentuk majelis tinggi. Yang akan dapat membentuk pemerintahan dengan pemikiran-pemikiran yang konservatif. Ia selesai dengan rencana konstitusi pada tahun 1889, kemudian aturan pemerintahan diperbaharui menurut negara Jerman. Perdana mentri mempunyai kedudukan seperti kanselir di jerman yang bertanggung jawab terhadap poitik pemerintahan.
    Pengaruh Jerman dalam bidang militer
    Yang dipimpin oleh Yamagata, diadakan kegiatan dalam angkatan darat. Dalam angkatan darat peranan dipegang oleh orang-orang dari Chushu. Dalam menyusun angkatan darat modern meniru negara Prancis, tapi Jepang pindah meniru gaya militer Jerman. Banyak pelajar dan tentara dikirik ke Jerman pada akhir abad 19 untuk belajar sistem militer Jerman dan memperoleh pelatihan di bidang pendidikan militer Jerman.
    Pengaruh jerman dalam bidang pendidikan
    Dengan adanya pendidikan kita dapat mengetahui keberadaan sebuah negara, Jepang mulai mempelajari sistem pendidikannya. Negara tetap menjadi contoh dalam merubah sistem ini. Contohnya adalah Negara Jerman. Banyak pelajar dikirim ke Jerman untuk belajar di bidang masing-masing dan Jerman juga menjadi contoh Literatur Jepang dalam mempelajari dunia barat ( Rangaku).

  14. TUGAS ASIA TIMUR
    TENTANG
    CINA PADA MASA PERANG DINGIN

    DOSEN: FIKRUL HANIF,S.S,M.Hum
    DISUSUN OLEH:
    ELVI FITRIA
    Bp 2012

    STKIP ABDI PENDIDIKAN
    PAYAHKUMBUH
    2013/2014

    Cina pada masa perang dingin

    Latar Belakang

    Sebelum kita membahas keterlibatan cina pada perang dingin, kita terlebih dahulu membahas tentang apa itu perang dingin,siapa yang terlibat dalam perang dingin itu.
    Perang dingin adalah sebutan bagi sebuah periode di mana terjadi konflik, ketegangan, dan kompetisi antara Amerika Serikat (beserta sekutunya disebut Blok Barat) dan Uni Soviet (beserta sekutunya disebut Blok Timur) perang ini terjadi antara tahun 1947—1991. Persaingan keduanya terjadi di berbagai bidang: koalisi militer; ideologi, psikologi, dan tilik sandi; militer, industri, dan pengembangan teknologi; pertahanan; perlombaan nuklir dan persenjataan; dan banyak lagi. Perang dingin bukanlah sekedar perang biasa di mana kedua belah pihak berperang di medan terbuka. Perang dingin merupakan perang antara dua negara adikuasa yang saling berebut pengaruh dalam pergulatan politik internasional.
    Ditakutkan bahwa perang ini akan berakhir dengan perang nuklir, yang akhirnya tidak terjadi. Istilah “Perang Dingin” sendiri diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Bernard Baruch dan Walter Lippman dari Amerika Serikat. Penguasaan kawasan yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet ini memunculkan perimbangan kekuatan dalam berbagai bidang kehidupan. Amerika Serikat memegang kekuatan dalam hal politik dan ekonomi, sedangkan Uni Soviet dan sekutunya (negara Eropa Timur dan Cina) muncul dalam kekuatan ideologi, politik, ekonomi dan militer yang cukup besar pula. Kondisi perimbangan kekuatan (balances of power) pun tak terelakkan lagi. Perang ideologi demokrasi-kapitalis dan komunisme menjadi perang dominan di masa itu. Berbagai metode digunakan, baik dalam bentuk kerja sama ataupun bantuan. Hal itulah yang dimaksudkan dengan perang dingin.
    Setelah AS dan Uni Soviet bersekutu dan berhasil menghancurkan Jerman Nazi, kedua belah pihak berbeda pendapat tentang bagaimana cara yang tepat untuk membangun Eropa pasca perang. Selama beberapa dekade selanjutnya, persaingan di antara keduanya menyebar ke luar Eropa dan merambah ke seluruh dunia ketika AS membangun “pertahanan” terhadap komunisme dengan membentuk sejumlah aliansi dengan berbagai negara, terutama dengan negara di Eropa Barat, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Setelah Perang Dunia II, antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet terjadi perebutan pengaruh yang melahirkan Perang Dingin (Cold War).

    Pembahasan

    Disini baru kita bahas Keterlibatan RRC dalam kemunculan Perang Dunia berawal saat naiknya Mao Zedong dalam kepemimpinan Cina menimbulkan efek yang signifikan dalam praktek politik perimbangan kekuatan antara 2 Negara adidaya, Amerika Serikat dan Uni Soviet. Pengaruh dari sosok Mao Zedong yang sangat signifikan, baik terhadap Negara Cina dan Negara lainnya. Di Cina ia mentransformasikan 1 milyar orang dengan cara menghapuskan sistem sosial lama/tradisional, seperti; Landlord (tuan tanah). Ia juga menaikan taraf hidup dengan ditingkatkannya pendidikan dan pelayanan kesehatan.Perkembangan teknologi persenjataan dicina dpat dilihat dalam argumentasi bahwa dalam perang dingin,
    Self help adalah pandangan bahwa kekuatan negara tidak dapat diandalkan dari adanya proses aliansi, tetapi harus dibangun secara mandiri. State survival adalah prinsip yang menekankan pentingnya menciptakan ketahanan negara. Power adalah prinsip yang menekankan pentingnya pengembangan teknologi persenjataan seoptimal mungkin yang memunculkan efek deterrence (penangkalan) bagi negara lain untuk menyerang negara yang bersangkutan.
    Dalam konstelasi Perang Dingin, Cina secara geopolitik dan geostrategis memiliki 2 keuntungan dalam pertarungan ideologi:
    – Pertama, Cina menjadi negara potensial sebagai target perluasan pengaruh ideologi dari kedua negara adikuasa sekaligus berperan sebagai kekuatan sentral dari ideologi yang dimenangkan dalam pertarungan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.
    – Kedua, posisi geografis Cina yang strategis menjadi keuntungan tersendiri bagi kedua negara adidaya dalam menyebarluaskan ideologi masing-masing di kawasan Asia Tengah dan Asia Tenggara, terutama dalam efisiensi penyebaran masing-masing ideologi ke wilayah sekitarnya.
    Perang Dingin yang terjadi dicirikan oleh ketegangan antara kedua contending superpowers Amerika dan Uni Soviet. Namun posisi Mao dari Cina dalam Perang Dingin, merupakan kunci dalam banyak hal, tetapi tidak sekeliling pusat. Pengamatan yang dilakukan oleh para ilmuwan politik Andrew J. Nathan dan Robert S. Ross membuat pikiran sehat: “Selama Perang Dingin, Cina adalah satu-satunya negara besar yang berdiri di persimpangan dari dua kekuatan kamp, sebuah target untuk mempengaruhi dan permusuhan keduanya”. Dengan jumlah penduduk terbesar dan menduduki wilayah yang ketiga terbesar di dunia, Cina merupakan faktor kekuatan yang tidak dapat diabaikan.
    Munculnya Mao dari Cina sebagai negara yang unik revolusioner pada akhir tahun 1940-an juga mengubah orientasi dari Perang Dingin dengan pergeseran yang sebenarnya dari Eropa ke Asia Timur, karena ternyata akan membuat Asia Timur menjadi kawasan utama dari Perang Dingin, sementara pada saat yang bersamaan, akan membantu Perang Dingin untuk tetap menjadi “dingin”.
    Bila revolusi Komunis Cina nasional mencapai kemenangan pada tahun 1949, secara global di Perang Dingin adalah jeda penting. Dua kejadian penting di pemblokadean tembok Berlin 1948-1949 dan Uni Soviet berhasil menguji sebuah bom atom pada Agustus 1949. Keduanya digabungkan untuk mengajukan tantangan yang serius kepada dua superpowers. Pada Juni-Agustus 1949 pemimpin nomor dua dari Partai Komunis Cina (ccp), Liu Shaoqi, diam-diam berkunjung ke Moskow untuk bertemu dengan Joseph Stalin. Kedua pemimpin menyimpulkan bahwa “situasi revolusioner” sekarang ada di Asia Timur. Dalam kesepakatan mengenai “pembagian kerja” antara Cina dan Uni Soviet revolusi komunis untuk perdagangan dunia, sedangkan mereka memutuskan bahwa Uni Soviet akan tetap menjadi pusat internasional proletar (buruh) revolusi. Pelaksanaan perjanjian ini mengakibatkan Cina memberikan dukungan untuk Ho Chi Minh di Vietnam, dan pada bulan Oktober 1950, intervensi besar-besaran dalam Perang Korea, membuat Mao dari Cina memerangi imperialis AS. Sepanjang tahun 1950-an dan 1960-an, Asia Timur tetap menjadi fokus utama dari Perang Dingin.
    Perang Dingin di Asia meluas setelah RRC berusaha melaksanakan politik luar negeri yang ekspansif. Hal ini dikarenakan Mao Zedong berusaha menjadikan RRC sebagai negara terkuat di Asia dan juga menyebarkan revolusi ala Mao kepada negara-negara berkembang. Perjanjian Cina-Uni Soviet tahun 1950 mengenai bantuan Uni Soviet kepada Cina ternyata tidak berlangsung lama. Penyebabnya, terjadi perbedaan interpretasi antara pemimpin RRC (Mao) dan pemimpin Uni Soviet (Stalin dan Khruzchev). Dalam menentang Uni Soviet, Mao menganggap bahwa model komunis RRC lebih baik dan lebih murni dibandingkan dengan komunis Uni Soviet. Oleh karena itu, komunis RRC lebih pantas untuk memimpin komunisme di seluruh dunia.
    Strategi aliansi yang diterapkan Uni Soviet dengan menggandeng RRC tahun 1949-1950 menjadi salah satu faktor penyebab kemunculan poros barat-timur dalam Perang Dingin. Selain RRC, poros timur di kawasan Asia juga diwakili oleh Vietnam, Korea Utara, Laos, dan Kamboja. Dalam hal strategi, hal tersebut menjadi sebuah ancaman serius bagi sebuah kepentingan ekonomi, politik, dan penyebaran ideologi demokrasi liberal Amerika Serikat. Strategi aliansi Mao ini memaksa Amerika Serikat memfokuskan perhatiannya kepada 2 hal, yakni perkembangan ideologi komunis di Eropa Timur dan RRC. Aliansi kekuatan Uni Soviet dan Cina kemudian menjadi parameter atas melebarnya ruang lingkup Perang Dingin dari kawasan Eropa ke Asia. Akibatnya, penanaman pengaruh militer dan pertahanan Amerika Serikat di kawasan Asia pun menjadi semakin kuat. Parameternya terdapat pada pemberian bantuan militer dan persenjataan Amerika Serikat di Vietnam Selatan dan Korea Selatan. Setelah Stalin wafat pada 1955, hubungan Uni Soviet dan RRC merenggang. Hal ini terjadi karena Uni Soviet di bawah Khruzchev bersikap terlalu lunak dan kompromi terhadap Amerika Serikat. Sikap Khruzchev tersebut oleh Mao Zedong dianggap sebagai pengkhianatan terhadap Revolusi Komunisme Internasional. Pertentangan memuncak ketika terjadi sengketa perbatasan antara 2 negara komunis tersebut.
    Bagi Uni Soviet, Manchuria merupakan daerah strategis, tetapi mao berusaha mengambil alihnya,Uni Soviet menjalin kerja sama dengan korea utara mengakibatkan hubungan Uni Soviet dan RRC semakin panas, Uni Soviet kemudian menempatkan sekitar satu juta tentara angkatan darat dan udara lengka dengan persenjataan ofensif termasuk senjata nuklir diseluruh daerah garis perbatasan engan RRC (Tibet ,Singkiang, Mongolia, dan manchuria). Di Asia Tenggara, Uni Soviet memperkuat kedudukannya dengan memberi bantuan kepada Vietnam untuk membendung RRc di bagian selatan. Keadaan tersebut menyebabkan RRC merasa terkepung di bagian selatan. Keadaan tersebut menyebabkan RRC merasa terkepung dan segera meningkatkan pertahanan militernya.
    Sejak 1970-an, Perang Dingin antara Cina dan Amerika Serikat mereda setelah terjadi pendekatan oleh kedua belah pihak. Penyebabnya, RRC melihat bahwa Uni Soviet lebih berbahaya dibandingkan Amerika Serikat. Oleh karena itu, RRC berusaha menjalin hubungan baik dengan Amerika Serikat. Maka, pada Februari 1972, ketika Presiden Amerika Serikat, Richard M. Nixon menawarkan kunjungan ke Peking, Menlu Zhou Enlai menerimanya. Kunjungan ini juga diikuti oleh Perdana Menteri Jepang, Tanaka. Bagi Uni Soviet, kunjungan ini adalah upaya kedua negara mengancam kepentingan Uni Soviet di Asia. Kunjungan persahabatan itupun menciutkan nyali dari Uni Soviet untuk menyerang RRC.
    Dampak Dari Perang Dingin
    Dampak dari perang dingin ini ,Pada dasarnya munculnya Cina sebagai negara yang revolusioner dramatis meningkatkan persepsi dari perang dingin sebagai peperangan antara “baik” dan “jahat” di kedua belah pihak, sehingga konflik secara lebih eksplisit yang terbingkai oleh persepsi akan perbedaan ideologis. Mao Zedong muncul sebagai aktor utama pelaksana Politik Luar Negeri Cina dengan buah pemikiran barunya akan paham kominisme yang revolusioner dengan menyatukan berbagai filsafat kuno Tiongkok dengan Marxisme yang dikenal dengan Maoisme. Pada masa naiknya Mao Zedong, merupakan era baru dimana lahir dan munculnya ideologi yang cenderung memberikan banyak pengaruh dalam kancah politik Internasional baik dalam penyebaran maupun perluasan ideologi komunis (maois) ala Mao Zedong. Pada Januari 1958, Mao Zedong meluncurkan repelita ke-2 yang dikenal sebagai Great Leap Forward, rencananya dimaksudkan sebagai model alternatif pertumbuhan ekonomi dari model Uni Soviet yang berfokus kepada industri berat. Kemudian Mao meluncurkan revolusi kebudayaan pada tahun 1966. Revolusi tersebut menyebabkan kekacauan sosial dan banyak dari warisan budaya Cina rusak.
    Pengaruh yang diberikannya menjadikan Cina sebagai suatu Negara yang harus diperhitungkan. Dengan demikian Mao dari Cina memiliki bahasa dan teorinya sendiri akan nilai-nilai dan kode perilaku mengenai kebijakan eksternal yang revolusioner dan merupakan fitur dari kebijakan luar negeri Cina, dengan kenyataan bahwa Perang Dingin yang sebenarnya kawasan Eropa turun sebagai pusat politik internasional. Akan tetapi dengan penekanannya adalah pergeseran dari Eropa ke Asia Timur. Aliansi Cina dengan Uni Soviet merupakan salah satu pemicu munculnya Blok Barat dan Blok Timur. Meskipun Mao Zedong telah membuat kesalahan yang serius pada akhir hayatnya, dilihat dari segala aspek kehidupan Mao telah berhasil untuk merevolusikan Cina yang dianggap primer, sedangkan kesalahannya dianggap sekunder. Banyak masyarakat Cina saat ini menghormatinya.
    Lain halnya dengan Negara Indonesia, masa kepemimpinan Soekarno, ideologi/paham komunisme sempat menyebar luas di tanah air. Akan tetapi tidak berlangsung lama, karena adanya interpretasi yang berbeda akan paham komunisme. Dengan penduduk mayoritas beragama islam, ialah merupakan salah satu faktor penolakan terhadap ideologi komunisme. Dengan demikian pengaruh dan penyebaran ideologi komunisme hanya menghasilkan beberapa pemberontakan di Indonesia seperti; G 30 SPKI. Dalam penyebarannya sebelum imperialis Amerika Serikat dapat menyerang Uni Soviet, menurut Mao, mereka terlebih dahulu harus mengontrol antara zona (kawasan), sehingga Asia menjadi pusat arena perang dingin. Kekuasaan Partai Komunis Cina membuat pemerintah RRC tetap memberlakukan prinsip-prinsip dasar ideologi komunis sebagai dasar negara Cina. Hal itu diterapkan secara konsisten hingga saat ini. Hubungan Amerika Serikat dengan Cina pada masa sekarang ini semakin membesar dengan adanya hubungan ekonomi yang menjadi landasan kuat bagi kedua Negara untuk memperdalam hubungan kemakmuran, yang tujuan utamanya tidak lain adalah untuk meningkatkan kemakmuran.
    Perubahan lingkungan mempengaruhi hubungan antar bangsa. Jika pada masa Perang Dingin isu-isu ideologis dan militer sangat dominan. Hampir semua hubungan antar bangsa diterjemahkan kedalam konteks perang ideologi.Pada era paska Perang Dingin, tema-tema ideologis menyurut. Sebagai gantinya muncul isu-isu seperti hak asasi manusia, politik-ekonomi dan demokratisasi sebagai salah satu indikator yang menentukan hubungan internasional. Pada paska Perang Dingin munculah isu-isu multilateral baru yang bersifat Non Konvensional seperti; Drugs (narkoba), Energi, HAM, Lingkungan, Pangan, Perpindahan Penduduk, dan Teknologi. Isu – isu tersebut merupakan ancaman bagi keamanan dan ketahanan nasional suatu Nation State (Negara Bangsa). Dalam kaitannya saat ini penyebaran akan senjata konvensional oleh Amerika Serikat dan juga Rusia merupakan Negara pembuat dan pemasok senjata terbesar.
    Teor Barry Buzan mengenai “Arms Dynamic In World Politics”. Dimana proses akan Arms Race (keunggulan militer) antar ke dua negara tersebut kini juga melibatkan Negara Cina sebagai aktor yang memainkan peranan signifikan dalam hal dinamika persenjataan. Banyak Negara maju dan berkembang lainnya, seperti Indonesia ikut meramaikan industri persenjataan. Posisi bagi Negara Cina pada saat berlangsung dan berakhirnya Perang Dingin. Merupakan momentum dimana lahirnya dan muncul suatu Negara revolusioner yang notabene menjadi Negara maju. Dalam proses pencapaiannya tidak terlepas peranan dari sosok Political Leader (Presiden, Raja, Perdana Menteri) yang berkuasa dan juga cenderung memberikan pengaruh dalam menjalankan pemerintahan. Dan Cina sebagai Negara Superpower ke – III pada masa Perang dingin, hingga kini menjadi kuat dan semakin kuat diberbagai bidang dan aspek kehidupan.

    Kesimpulan

    Semenjak Uni Soviet runtuh dan pecah terbagi menjadi beberapa Negara, Gerakan Non Blok terasa kurang relevansinya. Kejatuhan Uni Soviet tersebut kemudian diikuti dengan krisis politik yang melanda Negara-negara sekutunya di belahan Eropa Timur. Yugoslavia terpecah menjadi beberapa Negara, Jerman Barat bergabung dengan Jerman timur dan Negara-negara Eropa Timur lainnya melakukan reformasi politik dan ekonomi mengikuti fenomena sejarah yang terjadi saat itu.
    Organisasi pertahanan Pakta Parsawa dibubarkan, bahkan beberapa Negara yang dulu bergabung didalamnya kemudian bergabung menjadi anggota NATO yang dulu merupakan pesaing beratnya. Fenomena ini menandai berakhirnya era perang dingin antara Blok Barat yang dikomandani AS dan Blok Timur di bawah pimpinan Uni Soviet. Situasi politik internasional berubah drastis dengan menampilkan AS sebagai satu-satunya super power dunia.
    Motivasi utama pendirian Gerakan Non Blok pada tahun 1961 adalah untuk menghindarkan perang serta memperkokoh perdamaian. Persaingan kekutan militer yang sangat tajam antara AS dan Uni Soviet menimbulkan kekhawatiran berbagai Negara bahwa kemungkinan akan pecah perang terbuka antara kedua pihak.

  15. DUNIA PADA MASA PERANG DINGIN “pemerintah komunis di china”

    Dampak dari perang dingin, pada dasarnya munculnya cina sebagai negara yang revolusioner dramatis meningkatkan persepsi dari perang dingin sebagai peperangan antara “baik” dan “jahat” di kedua belah pihak, sehingga konflik secara lebih eksplisit yang terbingkai oleh persepsi akan perbedaan ideologis. Mao Zedong muncul sebagai aktor utama pelaksana politik luar negeri cina dengan buah pemikiran barunya akan paham kominisme yang revolusioner dengan menyatukan berbagai filsafat kuno tiongkok dengan marxisme yang dikenal dengan maoisme. Pada masa naiknya mao zedong, merupakan era baru dimana lahir dan munculnya ideologi yang cenderung memberikan banyak pengaruh dalam kancah politik internasional baik dalam penyebaran maupun perluasan ideologi komunis (maois) ala mao zedong. Pada januari 1958, mao zedong meluncurkan repelita ke-2 yang dikenal sebagai Great Leap Forward.kemudian mao meluncurkan revolusi kebudayaan pada tahun 1966. Revolusi tersebut menyebabkan kekacauan sosial dan banyak dari warisan budaya cina rusak.
    Pengaruhnya yang diberikanya menjadikan cina sebagai suatu negara yang harus diperhitungkan. Dengan kenyataanya bahwa perang dingin yang sebenarnya kawasan eropa turun sebagai pusat politik internasional.dengan keterlibatan cina pada saat berlangsungnya perang dingin, mengantarkan cina berhadapan langsung dengan amerika serikat. Dari segala aspek kehidupan mao telah berhasil untuk merevolusikan cina yang dianggap primer, sedangkan kesalahanya dianggap sekunder.
    Lain halnya dengan negara indonesia, masa kepemimpinan soekarno, ideologi/paham komunisme.dengan penduduk mayoritas beragana islam, ialah merupakan salah satu faktor penolakan terhadap ideologi komunisme.
    Dengan demikian pengaruh dan pengaruh dan penyebaran ideologi komunisme hanya menghasilkan beberapa pemberontakan di indonesia seperti; G 30 SPKI. Dalam penyebaranya sebelum imperialis amerika serikat dapat menyerang uni soviet, menurut mao, mereka terlebih dahulu harus mengontrol antara zona (kawasan),sehingga asia menjadi pusat arena perang dingin
    Ketika mao merebut kekuasaan politik di cina, mereka segera menyatakan bahwa akan merevolusioner cina, sebagai sekutu alami dari “orang-orang tertindas”.hubungan amerika serikat dengan cina pada masa sekarang ini semakin membesar dengan adanya hubungan ekonomi yang menjadi landasan bagi kedua negara. Tujuan utamanya tidak lain adalah untuk menigkatkan kemakmuran.
    Pada masa perang dingin isu-isu ideologis dan militer sangat dominan. Hampir semua hubungan antar bangsa diterjemahkan kedalam konteks perang ideologi. Pada era paska perang dingin, tema-tema ideologis menyurut. Sebagai gantinya muncul isu-isu seperti hak asasi manusia, politik-ekonomi dan demokratisasi sebagai salah satu indikator yang menentukan hubungan internasional. Pada paska perang dingin munculah isu-isu multirateral baru yang bersifat non konvensional. Isu-isu tersebut merupakan ancaman bagi keamanan dan ketahanan nasional suatu nation state (negara bangsa).
    Posisi bagi negara cina pada saat berlangsung dan berakhirnya perang dingin. Merupakan momentum dimana lahirnya dan muncul suatu negara revolusioner yang notabene menjadi negara maju. Dalam proses pencapaianya tidak terlepas peranan dari sosok political leader (presiden,raja,perdana menteri) yang berkuasa dan juga cenderung memberikan pengaruh dalam menjalankan pemerintahan. Dan cina sebagai negara Superpower ke-lll pada masa perang dingin, hingga kini menjadi kuat dan semakin kuat di berbagai bidang dan aspek kehidupan.

    TUGAS sejarah asia timur
    “dunia pada masa perang dingin”

    NAMA : FANNY ISVIADONA
    PRODI : SEJARAH
    BP : 2012

    STKIP ABDI PENDIDIKAN PAYAKUMBUH
    2012 / 2013

  16. Nama : yestuti
    Bp:2012
    Prodi: Sejarah

    JEPANG PADA MASA PERANG ASIA TIMUR RAYA

    1.Latar belakang

    Perang Asia Timur Raya adalah perang yang terjadi antara jepang melawan Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya. Perang Asia Timur Raya ini juga disebut Perang Pasifik. Perang Dunia II(1939-1942) memiliki dua medan pertempuran yaitu pertama medan pertempuran Eropa dan Afrika , kedua medan pertempuran Pasifik(Perang Pasifik). Medan pertempuran yang ke dua inilah Jepang dan Amerika bertempur.
    Jepang pada masa pemerintahan Kaisar Hirohito mengalami kemajuan pesat dan mampu menandingi negara-negara eropa.untuk kepentingan industrinya, Jepang membutuhkan bahan mentah dan sumber energi (minyak bumi). Sementara itu laju pertumbuhan penduduknya sangat pesat. Oleh karena itu, Jepang mengalami kesulitan di bidang kependudukan. Untuk kepentingan industrinya dan memindahkan penduduknya, Kaisar Hirohito melaksanakan polotik ekspansi (perluasan daerah).
    Jepang bercita-cita memimpin Asia Timur Raya. Maka , Jepang pun melakukan tindakan-tindakan yang mengancam perdamaian dunia, yakni menyerang Korea, Mandsyuria, dan Cina. Ketika kaisar Hirohito didampingi oleh Perdana Menteri Jenderal Tojo, maka Jepang menjadi negara militer. Jerman, Italia, dan Jepang membentuk persekutuan yang disebut Poros Berlin-Roma-Tokyo. Untuk mengimbanginya , negara-negara yang menganut faham Demokrasi Liberal membentuk persekutuan yang disebut Blok Sekutu (Inggris, Prancis, Belanda,dan Amerika serikat).

    2. Serbuan Jepang ke Negara-Negara di Kawasan Pasifik

    Pada tanggal 8 September 1941 Jepang menyerang pangkalan Armada Amerika Serikat di Pearl Harbour, teluk Mutiara (Hawai). Serangan Jepang itu sangat mendadak, pada saat perundingan antara Jepang dan Amerika sedang berlangsung di Washington. Oleh karena itu banyak kapal yang Amerika Serikat yang tenggelamkan. Tentu saja Amerika Serikat sangat marah, dan bersiap-siap untuk melancarkan serangan balasan. Dengan demikian, berkobarlah Perang Pasifik yang merupakan bagian dari Perang Dunia II.
    Untuk menghadapi Jepang, Amerika Serikat membentuk suatu komando, yang disebut ABCDACOM. Setelah menghancurkan Pearl Harbour, dengan gerak kilat Jepang melanjutkan serangannya ke Negara-negara di kawasan Pasifik Brat Daya. Serangan itu dimulai ke daratan Cina, Asia Tenggara, terus ke timursampai ke kepulauan Solomon. Serangan itu berhasil gemilang yaitu daratan Cina dapat dikuasai, imperialisme prancis di indocina dapat dirobohkan, imperialisme Amerika Serikat di Philipina dipatahkan, dan imperialisme Belanda di Indonesia di hancurkan.Usaha Jepang untuk menyerbu Australia dapat dipatahkan oleh Front ABCD dalam pertempuran di Laut Karang.
    Pemerintah Hindia Belanda tidak berdaya menghadapi serangan Jepang, kemudian menyerah tanpa syarat. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 8 Maret 1942 di sebuah gedung lapangan terbang militer Kalijati, Subang (Jawa Barat). Surat pernyataan penyerahan ditanda tangani oleh Panglima Tentara Hindia Belanda, Letnan Jenderal Ter Poorten, disaksikan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Tjarda van Starkenborgh Stachouwer. Pihak Jepang diwakili oleh Jenderal Hitosyi Imamura. Dengan penandatanganan kapitulasi (surat pernyataan penyerahan) di Kalijati, maka Perang Dunia II membawa dua macam akibat bagi Indonesia yaitu kekuasaan Imperialisme Belanda di Indonesia berakhir, dan Indonesia diduduki oleh Jepang.

    Akibat Perang Pasifik
    beberapa akibat dari Perang yang terjadi antara tahun1939 sampai 1942 ini:
    • Kekalahan Jepang membuatnya kehilangan wilayah jajahannya seperti Manchuria, Korea, Asia Tenggara dan daerah mandat di kepulauan Pasifik yang diberikan pada akhir Perang Dunia I.
    • Beberapa negara yang sebelumnya dijajah oleh negara-negara Eropa berhasil memperoleh kemerdekaan seperti Indonesia.
    • Kaisar Jepang kehilangan statusnya sebagai dewa. Amerika Serikat sebagai pemenang perang di Pasifik tidak ingin mengadili Hirohito, kaisar Jepang saat itu. Amerika Serikat membutuhkan daerah penyangga (buffer) untuk menahan arus pengaruh komunisme karena Rusia sudah mencapai kawasan timur Asia.
    • Jepang tidak diperbolehkan mempunyai angkatan perang, kecuali pasukan pembela diri.

  17. Nama : Ricky Alviano
    Bp : 2012

    JUGUN IANFU
    Jugun Ianfu,sebuah nama yang mungkin bagi sebagian orang indonesia tidak pernah mendengarnya atau bahkan tidak tahu apa itu Jugun Ianfu,padahal nama ini menghiasi sejarah bangsa Indonesia itu sendiri dan bisa dibilang merupakan satu sejarah kelam bangsa Indonesia,bahkan pemerintah sendiri menganggapnya sebuah aib bangsa kita,bahkan pada zaman orde baru(rezim Soeharto) masalah ini ditutupi oleh pemerintah.
    Baiklah saya akan jelaskan apa itu Jugun Ianfu,Jugun Ianfu adalah istilah jepang terhadap perempuan penghibur tentara kekaisaran jepang di masa perang asia pasifik,tetapi pada kenyataannya Jugun Ianfu berubah menjadi perbudakan seks yang brutal dan kejam yang dimana perempuannya di paksa masuk ke rumah bordil militer.Jugun Ianfu terungkap ke publik pada tahun 1992 oleh Kim Hak Soon yang merupakan warga negara korea selatan sekaligus mantan dari Jugun Ianfu itu sendiri,saat itu lah banyak Eks Jugun Ianfu yang lain angkat bicara di depan publik,termasuk Eks Jugun Ianfu yang ada di Indonesia.
    Peristiwa itu merupakan luka pahit para Jugun Ianfu yang sekarang masih trauma terhadap kejadian itu dan takkan pernah terlupakan seumur hidup mereka,dan menjadikan aib bagi mereka sendiri.
    Kita kembali ke dalam permasalahan Jugun Ianfu itu sendiri,seorang sejarawan jepang Yoshiaki Yoshimi yang pertama kali melakukan studi mengenai Jugun Ianfu,memperkirakan ada sekitar 50.000-200.000 Jugun Ianfu yang tersebar di berbagai wilayah asia pasifik yaitu Korea Selatan,Korea Utara,China,Taiwan,Filipina,Malaysia dan Indonesia.Di Indonesia sendiri jumlah Jugun Ianfu menurut data yang ada sampai sekarang sekitar 1156 orang,tetapi pada masa sekarang jumlah Eks Jugun Ianfu yang masih hidup di Indonesia sedikit karena mereka sudah berusia lanjut dan banyak yang sudah meninggal dunia,sebagian besar para Jugun Ianfu di Indonesia berasal dari pulau jawa yang kemudian di bawa ke borneo(kalimantan).

    Baiklah saya akan menceritakan secara singkat kenapa adanya Jugun Ianfu itu,ini berawal pada tahun 1931 militer jepang membuat negara boneka yang bernama Manchukuo di Manchuria,bagian timur utara Tiongkok(Cina),tujuannya untuk menyerang Uni Soviet tetapi tujuannya sebenarnya adalah untuk melakukan kolonisasi terhadap Cina secara keseluruhan.
    Oleh karena terus menerus melakukan peperangan prajurit jepang mulai kehabisan persediaan makanan karna kondisi itu markas besar militer jepang membuat strategi baru dengan cara”mencari makan dari musuh” yaitu dengan cara menjarah rumah-rumah penduduk,strategi ini mendapat perlawanan dari rakyat cina,akibatnya militer jepang mengeluarkan perintah”bunuh orang Cina yang terlihat di depan mu”.
    Praktek dari perintah ini,prajurit jepang melakukan pembunuhan secara keji dan kejam tanpa membedakan sipil atau militer,yang mengakibatkan banyak rusak mentalnya prajurit jepang dan menjadi gila,mereka tidak hanya membunuh tapi juga memperkosa secara brutal terhadap perempuan Cina yang terlihat di jalan tanpa memperdulikan tua ataupun muda.
    Menurut kesaksian Yoshio Tsuchiya veteran polisi jepang yang pernah bertugas di Manchuria,dulu para prajurit jepang didoktrin bahwa ras orang jepang lebih tinggi dari bangsa lainnya,karena telah berada di muka bumi selama 2600 tahun.Sehingga dia menganggap kalau Cina adalah bangsa rendah dan mereka tidak pantas menjadi manusia.Oleh karena itu orang Cina itu disebut dengan istilah changkoro artinya statusnya dibawah manusia,itu sebabnya mereka tidak segan membunuh penduduk sipil dan memperkosa perempuan-perempuan di Cina tanpa belas kasihan,dan mereka juga di iming-imingi medali dan dijuluki orang pemberani kalau berani membunuh orang Cina sebanyak-banyaknya penduduk Cina pada waktu itu.
    Sejarah mencatat dalam waktu enam minggu prajurit telah memperkosa lebih dari 20.000 perempuan Cina dari segala umur,sebagian dibunuh sesudah diperkosa secara brutal dan bebas.Akibat dari perkosaan secara brutal dan bebas para prajurit tertular penyakit kelamin sehimgga melemahkan balatentara militer jepang,dan akhirnya militer jepang membuat Ianjo-ianjo(rumah bordil militer jepang) disetiap wilayah prajurit jepang bertugas,dan Ianjo pertama di buat di daerah Cina dan kemudian menyebar ke seluruh tempat dudukan jepang termasuk Indonesia,dengan bertujuan untuk mengurangi meluasnya penyakit kelamin yang menghinggapi para prajurit jepang.Sistem Jugun Ianfu juga terilhami oleh undang-undang pelacuran di jepang yang disebut dengan Kosho sedo,yang dimaksudkan agar pemerintah jepang bisa mengontrol aktivitas pelacuran di jepang.
    Ada beberapa cara perekrutan perempuan yang akan di jadikan Jugun Ianfu oleh militer Jepang yaitu:
    1.Pemaksaan melalui kekerasan fisik
    2.Pemaksaan dengan jalan menyebarkan perasaan takut dan ancaman disertai teror yang merupakan kekerasan Psikologi
    3.Pemaksaan dengan cara tipu daya dengan iming-iming akan di berikan pekerjaan dan janji untuk di sekolahkan
    Saat saya menyebutkan nama Momoye,apa yang ada di lintas pikiran anda?tentu anda pasti berpikir itu nama jepang,kalau saya tanyakan kepada anda,tahukah anda siapakah Momoye itu?Apakah ada yang bisa menjawab?mungkin ada yang bilang itu nama perempuan jepang,mungkin ada yang juga yang beranggapan itu merupakan tokoh jepang karena saya tanya yang demikian,ada juga bagi yang tahu sejarah kelam bangsa kita,kalau nama Momoye itu adalah salah satu Jugun Ianfu di Indonesia yang berusaha berjuang mencari keadilan di dunia dan sekarang sudah meninggal dunia tetapi rasa perjuangan mencari keadilan diwariskannya melalui semangat juangnya.
    Disini saya akan menceritakan sedikit kisah Momoye,salah satu Jugun Ianfu di Indonesia.Momoye nama aslinya adalah Mardiyem yang merupakan anak abdi dalem(orang yang mengabdi pada keluarga berdarah bangsawan jawa) yang lahir pada tanggal 7 februari 1929,dan pada tahun 1942 tepatnya Mardiyem berumur 13 tahun berangkat ke kota Borneo(kalimantan) bersama 40 perempuan lainnya menggunakan kapal laut,dengan tujuan untuk menjadi penyanyi grup musik sandiwara,tetapi setelah sampai di Borneo(kalimantan),mereka di bagi-bagi,7 orang pelayan restoran,16 orang pemain sandiwara,tetapi Mardiyem tidak di ikutkan dalam salah satu rombongan itu,malah Mardiyem dan temannya yang tersisa pergi ke sebuah tempat yang bernamaTelawang,sampai di sana mereka menempati sebuah rumah yang berbentuk leter U,yang terdiri banyak kamar,dan didepan pintu kamar tersebut sudah ad terdapat nama-nama jepang,seperti Sakura,Itoko sedangkan Mardiyem sendiri mendapat nama Momoye,saat itulah kehidupan yang tak diinginkan Mardiyem terjad,mereka sudah memberontak nutuk tidak mau melayani para prajurit jepang,tetapi mereka di paksa oleh para militer jepang akibatnya ada yang di tendang,di tampar dan kekerasan fisik lainnya,mulai saat itu melayani mereka para jepang,ada yang dari kalangan militer jepang dan ada dari sipil,setiap hari mereka menjadi budak nafsu birahi,mereka melayani tamu 15-20 laki-laki jepang tiap hari,ada yang sampai rusak rahimnya karna melayani nafsu birahi,bahkan ada teman Mardiyem yang mati kemudian mayatnya di letakkan di tepi jalan,tetapi akhirnya mayat itu di kuburkan oleh Mardiyem dan teman-temannya.
    Mardiyem dan teman-temannya merupakan Jugun Ianfu angkatan pertama,kemudian ada angkatan kedua yang berjumlah 6 orang dan angkatan ketiga sebanyak 9 orang dan aktivitas itu berhenti setelah sekutu menyerang Jepang,kehidupan para Jugun Ianfu sekarang sangat memprihatinkan,ada yang tinggal dalam gubuk karena rasa malu sama keluarga,ada juga mereka di cap oleh masyarakat sebagai pelacur jepang,itulah sedikit gambaran tentang Jugun Ianfu.
    Kadang saya malu dengan pemerintah bangsa Indonesia sendiri,mungkin anda bertanya kenapa?karena pemerintah Indonesia tidak peduli masalah Jugun Ianfu bahkan merasa malu dengan permasalahan Jugun Ianfu,karena pemerintah Indonesia menganggap sebagai sebuah aib bangsa dan pemerintah Indonesia mempererat kerja sama dengan Jepang,para Jugun Iangu di Indonesia menuntut keadilan dan perhatian masalah ini kepada pemerintah Indonesia dan khususnya pemerintah Jepang,tapi tidak di perdulikannya,malahan yang membantu para Jugun Ianfu adalah lembaga non pemerintah,seperti lembaga bantuan hukum(LBH),sedangkan para Jugun Ianfu di Filipina mendapat perhatian serius dari pemerintah.
    Para Jugun Ianfu berjuang tanpa adanya dukungan pemerintah kita,tetapi mereka tetap semangat berjuang mencari secercah keadilan yang diimpikannya,itu terbukti dengan beberapa pertemuan yang dihadiri oleh Eks Jugun Ianfu Indonesia antara lain :
    1. International Forum on War compensation for The Asia Pasifik Region,Tokyo,Jepang Tahun 1995
    2. Pengadilan Rakyat Perempuan International di Tokyo,Jepang
    3. Commitee on Measure for Compensation to The Comfort Women for Japanese Army and Pasific War Victim(COCOPA),menggelar pertemuan bertajuk”Asian Regional Symposium Demanding Liquidation Of The Past Of Japan” di Pyongyang,Korea utara tahun 2002

    Eks Jugun Ianfu menuntut tiga hal kepada pemerintah Jepang:
    1. Pemerintah Jepang harus mengaku bersalah dan meminta maaf setiap Jugun Ianfu
    2. Pemerintah Jepang memulihkan dengan jalan melakukan merehabilitasi nama baik setiap Jugun Ianfu dan menyebarluaskan masalah Jugun Ianfu kepada generasi muda melalui kurikulum pendidikan sejarah Jepang
    3. Memberikan uang kompensasi sebagai korban perang kepada setiap Jugun Ianfu
    Tapi pada akhirnya sampai sekarang Jepang tidak mau mengakui kesalahannya secara resmi tentang Jugun Ianfu,dan pemerintah Indonesia pun seperti tidak berbuat apa-apa,dan kita pun tidak tahu harus sampai kapan pemerintah kita menyembunyikannya sebuah sejarah kelam yang bagi pemerintah sebuah aib,dan kita hanya bisa berdoa memberikan jalan terbaik buat para Eks Jugun Ianfu.
    Saya sebagai penulis tulisan ini hanya bisa memberikan apa yang saya ketahui untuk kita semua,agar kita tahu,bahwa Indonesia mempunyai sebuah sejarah kelam yang tersembunyi di balik banyaknya sejarah bangsa Indonesia,dan nasehat saya yaitu ketika suatu kebenaran yang pahit jangan disembunyikan,karena walaupun pahit itu merupakan kebaikan kita,dan kita pun jangan menanggap remeh bahkan mencaci kebenaran yang pahit,tapi kita hargai,karena mereka berbuat kebenaran untuk bersama,dan bagi masyarakat bangsa Indonesia.Dan bagi masyarakat yang mengetahui bagaimana Jugun Ianfu itu jangan pernah meremehkan nya dan hargai mereka semuanya.

    s

  18. Nama : Farid Fadillah
    Bp : 2012
    Prodi : sejarah

    Perang Asia Timur Raya

    A. LATAR BELAKANG PERANG ASIA TIMUR RAYA
    Setelah perang dunia pertama jepang berhasil menjadi negara yang berpengaruh di dunia,karena merasa dia negara berpengaruh didunia tersebut,jepang terobsesi untuk menciptakan Negara Asia Timur Raya. Untuk mencapai tujuannya tersebut jepang terpaksa terlibat dalam perang Asia Timur Raya atau disebut juga perang pasifik. Disebut perang pasifik karena perang ini terjadi di sekitar samudera pasifik dan pulau-pulau disekitarnya.
    Ada bebrapa faktor yang menjadikan jepang untuk membentuk negara asia timut raya sebagai berikut :
    a. Jepang merasa ada panggilan untuk menjadi pemimpin asia.
    b. Jepang merasa sanggup untuk menandingi kekuatan barat yang lebih besar
    c. Kemajuan industri dan perdagangan yang tinggi memaksa jepang untuk mencari daerah pemasaran di Asia.
    d. Tingginya tingkat pertumbuhan penduduk mendesak jepang untuk memindahkan sebagian penduduknya kenegara lain.
    Untuk mempermudah jepang mencapai cita-citanya, jepang melakukan beberapa tindakan :
    a. Memebentuk Pact anti comitern yag beranggotakan, jepang , jerman,italia, hongaria, mancukuo dan spanyol.
    b. Membentuk Pact poros yagn beranggotakan, jepang, jerman, italia.
    c. Mengadakan perjanjian damai dengan soviet.

    B. MELETUSNYA PERANG ASIA TIMUR RAYA

    Perang pasifik terjadi lebih awal dari perang dunia ke 2 yaitu pada tanggal 8 juli 1937. Perang ini terjadi antara jepang dengan Tiongkok, Amerika serikat, Australia, Inggris, Belanda, Selandia baru. Perang ini berawal ketika penyerbuan jepang terhadap Tiongkok. Peristiwa ini disebut juga insiden jembatan marcopolo. Kemudian perang ini semakin menjadi-jadi ketika jepang meluluh lantakan pangkalan laut amerika serikat di Pear Harbour,Hawai. Penyerbuan ini dilakukan jepang secara mendadak, tanpa ada pernyataan perang terhadap amerika serikat dan dilakukan pula pada hari minggu dimana tentara Amerika sedang beristirahat.
    Setelah sepuluh jam setelah penyeranganan tersebut baru kemudian Jepang menyatakan perang pada Amerika. Disisi lain Jepang juga berhasil menghancurkan 2 kapal Inggris di Singapura. Setelah itu Jepang berhasil menguasai Birma, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura serta semenanjung Malaya. Penundukan daerah tersebut dikepalai oleh Yamashita, sehingga dia diberi gelar Harimau Malaya. Para sekutu yang kalah mundur kedaerah Australia.
    Setalah mengusai daerah-daerah tersebut, jepang kemudian masuk ke Indonesia melaui tarakan, dan berhasil membuat Belanda menyerah tanpa syarat pada tanggal 8 maret 1942.
    Dalam waktu singkat jepang berhasil menguasai daerah pasifik, sehingga terbentuklah Negara Asia Timur Raya. Namun kemenangan jepang tidak berlangsung lama.
    Pada pertempuran yang terjadi di laut karang Jepang mengalami kekalahan. Pasukan Jepang yang berada di Rabaul mempunyai misi menundukkan Port Moresby,yang sebelumnya telah menguasai Tulagi. Atas kekalahan diperang ini dan dibomnya kota Tokyo, Jepang kemudian menjalankan taktik bertahan yang bertujuan melindungi daerah jajahannya di Asia Tenggara.
    setelah itu jepang berinisiatif utuk menguasai Pearl Harbour, untuk itu jepang terlebih dahulu menguasai sebuah pulau keci di samudera pasfik,yang bernama Midway. Pulau midway merupakan daerah penjaga Pearl Harbour. Midway mempunyai pertahanan armada yang kuat. Jika jepang berhasil menundukkan Midway, maka dengan sangat mudah jepang akan menguasai Pearl Harbour. Penyerangan ini dilakoni oleh Laksamana Yamamato. Untuk menundukkan Midway. Yamamato mempunyai sebuah taktik,yaitu dengan cara membagi pasukan menjadi beberapa bagian. Pasukan pertama pergi kedaerah utara untuk memancing pasukan sekutu, jika pasukan sekutu menuju utara maka otomatis Midway kehilangan pertahanan dan tentu saja Jepang dengan mudah menguasai Midway. Namun taktik jepang tersebut tidak berjalan dengan mulus,karna kepala dari paskukan sekutu, Nemitz sudah mengetahui taktik tersebut, sehingga paskukan jepang di pukul mundur oleh sekutu. Dalam perang tersebut laksamana Yamamoto tewas. Atas kematian laksaman Yamamoto menyebabkan semangat pasukan jepang menjadi kendur, atas hal tersebut pasukan sekutu menjadi percaya diri untuk melakukan penyerangan terhadap jepang.
    Pada tanggal 22 juni 1944 Amerika berhasil menduduki Filipina kembali, 17 maret 1945 Iwo Jima, 21 juni 1945 Okinawa. Pulau Saipan juga ditundukkan oleh amerika serikat. Sedangkan Birma juga telah diduki kembali oleh Inggris. Sementara itu jepang hanya bisa membalas dengan taktik kamikaze,yaitu menabrakan pesawat ke pesawat lawan. Pada tanggal 6 dan 9 agustus 1945 pasukan sekutu menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.
    Peristwa tersebut membuat jepang menderita berat, karna mengalami kerugian yang sangat besar. Setelah mendengar kabar tesebut uni soviet menyatakan perang kepada jepang,uni soviet kemudian menyerang Machuria dan korea pada tanggal 8 agustus 1945.

    C. AKHIR PERANG ASIA TIMUR RAYA

    Atas pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang mengalami kerugian besar. Pemboman atas kota tersebut dilakukan karena kota itu adalah tempat industri senjata terbesar di jepang. Atas peristiwa tersebut jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanngal 15 agustus 1945 dan jepang melakukan perjanjian dengan piak sekutu di atas kapal USS Missoury. Pihak Jepang diwakili oleh Mamoru Shigemitsu. Sedangkan dari pihak sekutu diwakili oleh jendral Douglas Mc Arthur.

  19. Nama: Marliana
    BP: 2012
    Prodi: SEJARAH

    Cina pada Masa Mao Tse Tung
    Masa kecil Mao Zedong
    Saya terlebih dahulu akan membahas sejarah kelahirannya .Mao Zedong lahir di Shaoshan, Hunan, 26 Desember 1893 meninggal di Beijing, 9 September 1976 pada umur 82 tahun,ia adalah seorang tokoh filsuf dan pendiri negara Republik Rakyat Cina dan salah satu tokoh terpenting dalam sejarah modern Cina.
    Lahir di sebuah keluarga petani miskin, sejak kecil Mao harus bekerja keras dan hidup prihatin. Meskipun di kemudian hari keadaan ekonomi keluarganya meningkat, tetapi kesengsaraan di masa kecil itu banyak memengaruhi kehidupannya kelak.
    Ketika kecil, Mao dikirim untuk belajar di sekolah dasar. Pendidikannya sewaktu kecil juga mencakup ajaran-ajaran klasik Konfusianisme. pada usia 13 tahun, ayahnya menyuruhnya berhenti bersekolah dan menyuruhnya bekerja di ladang-ladang. Mao memberontak dan bertekad ingin menyelesaikan pendidikannya sehingga ia nekat kabur dari rumah. Pada tahun 1905, ia mengikuti ujian negara yang pada saat itu mulai menghapus paham-paham konfusianisme lama yang digantikan oleh pendidikan gaya Barat. Hal ini menandakan permulaan ketidakpastian intelektual di Cina.
    Pada tahun 1911, Mao terlibat dalam Revolusi Xinhai yang merupakan revolusi melawan Dinasti Qing yang berakibat kepada runtuhnya kekaisaran Cina yang sudah berkuasa lebih 2000 tahun sejak tahun 221 SM. Tahun 1912, Republik Cina diproklamasikan oleh Sun Yat-sen dan Cina dengan resmi masuk ke zaman republik. Mao lalu melanjutkan sekolahnya dan mempelajari banyak hal antara lain budaya barat. Pada tahun 1918 ia lulus dan lalu kuliah di Universitas Beijing.
    Mao Zedong dan Partainya
    Partai Mao didirikan pada tahun 1921. Antara tahun 1934 – 1935 ia memegang peran utama dan memimpin Tentara Merah Cina menjalani “Mars Panjang”. Lalu semenjak tahun 1937 ia ikut menolong memerangi Tentara Dai Nippon yang menduduki banyak wilayah Cina. Akhirnya Perang Dunia II berakhir dan perang saudara berkobar lagi. Dalam perang yang melawan kaum nasionalis ini, Mao menjadi pemimpin kaum Merah dan akhirnya ia menangkan pada tahun 1949. Pada tanggal 1 Oktober tahun 1949, Republik Rakyat Cina diproklamasikan dan pemimpin Cina nasionalis, Chiang Kai Shek melarikan diri ke Taiwan.
    Falsafah Mao Ze dong

    Mao Zedong di tahun 1936
    Konsep falsafi Mao yang terpenting adalah konflik. Menurutnya: “Konflik bersifat semesta dan absolut, hal ini ada dalam proses perkembangan semua barang dan merasuki semua proses dari mula sampai akhir.” Model sejarah Karl Marx juga berdasarkan prinsip konflik: kelas yang menindas dan kelas yang tertindas, kapital dan pekerjaan berada dalam sebuah konflik kekal. Pada akhirnya situasi baru ini akan menjurus kepada sebuah krisis lagi, tetapi secara logis semua proses akhirnya menurut Mao, akan membawa kita kepada sebuah keseimbangan yang stabil dan harmonis. Mao jadi berpendapat bahwa semua konflik bersifat semesta dan absolut, jadi dengan kata lain bersifat abadi. Konsep konflik Mao ini ada kemiripannya dengan konsep falsafi yin-yang. Semuanya terdengar seperti sebuah dogma kepercayaan.
    Contoh-contoh yang diberikan oleh Mao Zedong mengenai ‘konflik’ dalam disiplin yang berbeda-beda diambilnya dari Lenin. Beberapa analogi memang pas tetapi yang lain-lain tidak. Bilangan-bilangan negatif dan positif merupakan sebuah contoh yang buruk mengenai dialektika marxisme karena perbedaan mereka tidak dinamis: hanya ada bilangan-bilangan negatif dan positif baru yang bermunculan. Pendapat Mao menjadi meragukan lagi apabila ia mengatakan bahwa ‘konflik’-‘konflik’ ini merupakan ‘intisari’ daripada disiplin ilmu pengetahuan yang bersangkutan. Mao adalah seseorang yang terpelajar dan pengertian-pengertiannya yang salah bisa diterangkan dari sebab ia sangat terobsesi dengan konsep konflik ini. Obsesi ini juga memengaruhi keputusan-keputusan politiknya seperti akan dipaparkan di bawah nanti.
    Konsep Mao kedua yang penting adalah konsepnya mengenai pengetahuan yang juga ia ambil dari paham Marxisme. Mao berpendapat bahwa pengetahuan merupakan lanjutan dari pengalaman di alam fisik dan bahwa pengalaman itu sama dengan keterlibatan.
    Hanya setelah seseorang mendapatkan pengalaman, maka ia baru bisa melompat ke depan. Setelah itu pengathuan dipraktekkan kembali yang membuat seseorang mendapatkan pengalaman lagi dan seterusnya. Di sini diperlihatkan bahwa Mao tidak saja mengenal paham Marxisme tetapi juga paham neokonfusianisme seperti dikemukakan oleh Wang Yangmin yang hidup pada abad ke 15 sampai ke abad ke 16.
    Mao dan Kebijakan Politiknya
    Mao membedakan dua jenis konflik; konflik antagonis dan konflik non-antagonis. Konflik antagonis menurutnya hanya bisa dipecahkan dengan sebuah pertempuran saja sedangkan konflik non-antagonis bisa dipecahkan dengan sebuah diskusi. Menurut Mao konflik antara para buruh dan pekerja dengan kaum kapitalis adalah sebuah konflik antagonis sedangkan konflik antara rakyat Cina dengan Partai adalah sebuah konflik non-antagonis.
    Pada tahun 1956 Mao memperkenalkan sebuah kebijakan politik baru di mana kaum intelektual boleh mengeluarkan pendapat mereka sebagai kompromis terhadap Partai yang menekannya karena ingin menghindari penindasan kejam disertai dengan motto: “Biarkan seratus bunga berkembang dan seratus pikiran yang berbeda-beda bersaing.” Tetapi ironisnya kebijakan politik ini gagal: kaum intelektual merasa tidak puas dan banyak mengeluarkan kritik. Mao sendiri berpendapat bahwa ia telah dikhianati oleh mereka dan ia membalas dendam. Sekitar 700.000 anggota kaum intelektual ditangkapinya dan disuruh bekerja paksa di daerah pedesaan.
    Peristiwa yang paling dramatis dan mengenaskan hati ialah peristiwa Revolusi Kebudayaan yang terjadi pada tahun 1966. Pada tahun 1960an para mahasiswa di seluruh dunia memang pada senang-senangnya memberontak terhadap apa yang mereka anggap The Establishment atau kaum yang memerintah. pada tahun 1966 sangat membabi buta dalam memberantas kaum kontra revolusioner sehingga negara Cina dalam keadaan amat genting dan hampir hancur, ekonominyapun tak jalan. Akhirnya Mao terpaksa menurunkan Tentara Pembebasan Rakyat untuk menanggulangi mereka dan membendung fanatisme mereka. Hasilnya adalah perang saudara yang baru berakhir pada tahun 1968.
    Kegagalan Mao
    Pada tahun 1958 Mao meluncurkan apa yang ia sebut Lompatan Jauh ke Depan di mana daerah pedesaan direorganisasi secara total. Di mana-mana didirikan perkumpulan-perkumpulan desa (komune). Secara ekonomis ternyata ini semua gagal. Komune-komune ini menjadi satuan-satuan yang terlalu besar dan tak bisa terurusi. Diperkirakan kurang lebih hampir 20 juta jiwa penduduk Cina kala itu tewas secara sia-sia.

    Mao Zedong dan PBB
    Mao Zedong memproklamasikan Republik Rakyat Cina pada tanggal 1 Oktober 1949.Republik Rakyat Cina semenjak diproklamasikan oleh Mao pada tahun 1949 tidak diakui oleh Amerika Serikat. Amerika Serikat tetap mengakui Republik Nasionalis Cina yang semenjak tahun 1949 hanya menguasai pulau Formosa atau Taiwan dan sekitarnya. Cina yang sejak didirikannya PBB pada tahun 1945 sudah menjadi anggota Dewan Keamanan secara tetap bersama dengan Amerika Serikat, Britania Raya, Perancis dan Uni Soviet (Rusia) sebagai pemenang Perang Dunia II, tetap diwakili pula.
    Pada akhir tahun 1960-an presiden Amerika Serikat, Richard Nixon, mulai mendekati Republik Rakyat Cina dan akhirnya dengan persetujuan Uni Soviet RRC menjadi anggota Dewan Keamanan PBB mulai tahun 1972 dan menggantikan Taiwan.
    Warisan Mao dan Republik Rakyat Cina saat ini
    Pada tahun 1976 Mao Zedong meninggal dunia. Setelah itu Republik Rakyat Cina menjadi semakin terbuka. Normalisasi hubungan diplomatik dengan Indonesia juga terwujud pada tahun 1992. Bahkan Cina bisa melampaui Rusia dalam perkembangannya. Hal yang dipertentangkan sekarang ialah apakah ini semua bisa diraih berkat jasa-jasa Mao atau karena pengaruhnya sudah tipis.

  20. Cina pada Masa Mao Tse Tung
    Masa kecil Mao Zedong
    Saya terlebih dahulu akan membahas sejarah kelahirannya .Mao Zedong lahir di Shaoshan, Hunan, 26 Desember 1893 meninggal di Beijing, 9 September 1976 pada umur 82 tahun,ia adalah seorang tokoh filsuf dan pendiri negara Republik Rakyat Cina dan salah satu tokoh terpenting dalam sejarah modern Cina.
    Lahir di sebuah keluarga petani miskin, sejak kecil Mao harus bekerja keras dan hidup prihatin. Meskipun di kemudian hari keadaan ekonomi keluarganya meningkat, tetapi kesengsaraan di masa kecil itu banyak memengaruhi kehidupannya kelak.
    Ketika kecil, Mao dikirim untuk belajar di sekolah dasar. Pendidikannya sewaktu kecil juga mencakup ajaran-ajaran klasik Konfusianisme. pada usia 13 tahun, ayahnya menyuruhnya berhenti bersekolah dan menyuruhnya bekerja di ladang-ladang. Mao memberontak dan bertekad ingin menyelesaikan pendidikannya sehingga ia nekat kabur dari rumah. Pada tahun 1905, ia mengikuti ujian negara yang pada saat itu mulai menghapus paham-paham konfusianisme lama yang digantikan oleh pendidikan gaya Barat. Hal ini menandakan permulaan ketidakpastian intelektual di Cina.
    Pada tahun 1911, Mao terlibat dalam Revolusi Xinhai yang merupakan revolusi melawan Dinasti Qing yang berakibat kepada runtuhnya kekaisaran Cina yang sudah berkuasa lebih 2000 tahun sejak tahun 221 SM. Tahun 1912, Republik Cina diproklamasikan oleh Sun Yat-sen dan Cina dengan resmi masuk ke zaman republik. Mao lalu melanjutkan sekolahnya dan mempelajari banyak hal antara lain budaya barat. Pada tahun 1918 ia lulus dan lalu kuliah di Universitas Beijing.
    Mao Zedong dan Partainya
    Partai Mao didirikan pada tahun 1921. Antara tahun 1934 – 1935 ia memegang peran utama dan memimpin Tentara Merah Cina menjalani “Mars Panjang”. Lalu semenjak tahun 1937 ia ikut menolong memerangi Tentara Dai Nippon yang menduduki banyak wilayah Cina. Akhirnya Perang Dunia II berakhir dan perang saudara berkobar lagi. Dalam perang yang melawan kaum nasionalis ini, Mao menjadi pemimpin kaum Merah dan akhirnya ia menangkan pada tahun 1949. Pada tanggal 1 Oktober tahun 1949, Republik Rakyat Cina diproklamasikan dan pemimpin Cina nasionalis, Chiang Kai Shek melarikan diri ke Taiwan.
    Falsafah Mao Ze dong

    Mao Zedong di tahun 1936
    Konsep falsafi Mao yang terpenting adalah konflik. Menurutnya: “Konflik bersifat semesta dan absolut, hal ini ada dalam proses perkembangan semua barang dan merasuki semua proses dari mula sampai akhir.” Model sejarah Karl Marx juga berdasarkan prinsip konflik: kelas yang menindas dan kelas yang tertindas, kapital dan pekerjaan berada dalam sebuah konflik kekal. Pada akhirnya situasi baru ini akan menjurus kepada sebuah krisis lagi, tetapi secara logis semua proses akhirnya menurut Mao, akan membawa kita kepada sebuah keseimbangan yang stabil dan harmonis. Mao jadi berpendapat bahwa semua konflik bersifat semesta dan absolut, jadi dengan kata lain bersifat abadi. Konsep konflik Mao ini ada kemiripannya dengan konsep falsafi yin-yang. Semuanya terdengar seperti sebuah dogma kepercayaan.
    Contoh-contoh yang diberikan oleh Mao Zedong mengenai ‘konflik’ dalam disiplin yang berbeda-beda diambilnya dari Lenin. Beberapa analogi memang pas tetapi yang lain-lain tidak. Bilangan-bilangan negatif dan positif merupakan sebuah contoh yang buruk mengenai dialektika marxisme karena perbedaan mereka tidak dinamis: hanya ada bilangan-bilangan negatif dan positif baru yang bermunculan. Pendapat Mao menjadi meragukan lagi apabila ia mengatakan bahwa ‘konflik’-‘konflik’ ini merupakan ‘intisari’ daripada disiplin ilmu pengetahuan yang bersangkutan. Mao adalah seseorang yang terpelajar dan pengertian-pengertiannya yang salah bisa diterangkan dari sebab ia sangat terobsesi dengan konsep konflik ini. Obsesi ini juga memengaruhi keputusan-keputusan politiknya seperti akan dipaparkan di bawah nanti.
    Konsep Mao kedua yang penting adalah konsepnya mengenai pengetahuan yang juga ia ambil dari paham Marxisme. Mao berpendapat bahwa pengetahuan merupakan lanjutan dari pengalaman di alam fisik dan bahwa pengalaman itu sama dengan keterlibatan.
    Hanya setelah seseorang mendapatkan pengalaman, maka ia baru bisa melompat ke depan. Setelah itu pengathuan dipraktekkan kembali yang membuat seseorang mendapatkan pengalaman lagi dan seterusnya. Di sini diperlihatkan bahwa Mao tidak saja mengenal paham Marxisme tetapi juga paham neokonfusianisme seperti dikemukakan oleh Wang Yangmin yang hidup pada abad ke 15 sampai ke abad ke 16.
    Mao dan Kebijakan Politiknya
    Mao membedakan dua jenis konflik; konflik antagonis dan konflik non-antagonis. Konflik antagonis menurutnya hanya bisa dipecahkan dengan sebuah pertempuran saja sedangkan konflik non-antagonis bisa dipecahkan dengan sebuah diskusi. Menurut Mao konflik antara para buruh dan pekerja dengan kaum kapitalis adalah sebuah konflik antagonis sedangkan konflik antara rakyat Cina dengan Partai adalah sebuah konflik non-antagonis.
    Pada tahun 1956 Mao memperkenalkan sebuah kebijakan politik baru di mana kaum intelektual boleh mengeluarkan pendapat mereka sebagai kompromis terhadap Partai yang menekannya karena ingin menghindari penindasan kejam disertai dengan motto: “Biarkan seratus bunga berkembang dan seratus pikiran yang berbeda-beda bersaing.” Tetapi ironisnya kebijakan politik ini gagal: kaum intelektual merasa tidak puas dan banyak mengeluarkan kritik. Mao sendiri berpendapat bahwa ia telah dikhianati oleh mereka dan ia membalas dendam. Sekitar 700.000 anggota kaum intelektual ditangkapinya dan disuruh bekerja paksa di daerah pedesaan.
    Peristiwa yang paling dramatis dan mengenaskan hati ialah peristiwa Revolusi Kebudayaan yang terjadi pada tahun 1966. Pada tahun 1960an para mahasiswa di seluruh dunia memang pada senang-senangnya memberontak terhadap apa yang mereka anggap The Establishment atau kaum yang memerintah. pada tahun 1966 sangat membabi buta dalam memberantas kaum kontra revolusioner sehingga negara Cina dalam keadaan amat genting dan hampir hancur, ekonominyapun tak jalan. Akhirnya Mao terpaksa menurunkan Tentara Pembebasan Rakyat untuk menanggulangi mereka dan membendung fanatisme mereka. Hasilnya adalah perang saudara yang baru berakhir pada tahun 1968.
    Kegagalan Mao
    Pada tahun 1958 Mao meluncurkan apa yang ia sebut Lompatan Jauh ke Depan di mana daerah pedesaan direorganisasi secara total. Di mana-mana didirikan perkumpulan-perkumpulan desa (komune). Secara ekonomis ternyata ini semua gagal. Komune-komune ini menjadi satuan-satuan yang terlalu besar dan tak bisa terurusi. Diperkirakan kurang lebih hampir 20 juta jiwa penduduk Cina kala itu tewas secara sia-sia.

    Mao Zedong dan PBB
    Mao Zedong memproklamasikan Republik Rakyat Cina pada tanggal 1 Oktober 1949.Republik Rakyat Cina semenjak diproklamasikan oleh Mao pada tahun 1949 tidak diakui oleh Amerika Serikat. Amerika Serikat tetap mengakui Republik Nasionalis Cina yang semenjak tahun 1949 hanya menguasai pulau Formosa atau Taiwan dan sekitarnya. Cina yang sejak didirikannya PBB pada tahun 1945 sudah menjadi anggota Dewan Keamanan secara tetap bersama dengan Amerika Serikat, Britania Raya, Perancis dan Uni Soviet (Rusia) sebagai pemenang Perang Dunia II, tetap diwakili pula.
    Pada akhir tahun 1960-an presiden Amerika Serikat, Richard Nixon, mulai mendekati Republik Rakyat Cina dan akhirnya dengan persetujuan Uni Soviet RRC menjadi anggota Dewan Keamanan PBB mulai tahun 1972 dan menggantikan Taiwan.
    Warisan Mao dan Republik Rakyat Cina saat ini
    Pada tahun 1976 Mao Zedong meninggal dunia. Setelah itu Republik Rakyat Cina menjadi semakin terbuka. Normalisasi hubungan diplomatik dengan Indonesia juga terwujud pada tahun 1992. Bahkan Cina bisa melampaui Rusia dalam perkembangannya. Hal yang dipertentangkan sekarang ialah apakah ini semua bisa diraih berkat jasa-jasa Mao atau karena pengaruhnya sudah tipis.

  21. Nama: Abdul Halim
    Bp: 2012
    Prodi: sejarah

    Asal Usul dan Sejarah Samurai Di Jepang

    saya akan membahas tentang Samurai, samurai salah satu senjata khas Jepang yang penuh misteri.Samurai adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata “samurai” berasal dari kata kerja “samorau” asal bahasa Jepang kuno, berubah menjadi “saburau” yang berarti “melayani”, dan akhirnya menjadi “samurai”yang bekerja sebagai pelayan bagi sang majikan.

    Istilah yang lebih tepat adalah bushi (harafiah: “orang bersenjata”) yang digunakan semasa zaman Edo. samurai digunakan untuk prajurit elit dari kalangan bangsawan, dan bukan contohnya, ashigaru atau tentara berjalan kaki. Samurai yang tidak terikat dengan klan atau bekerja untuk majikan (daimyo) disebut ronin (harafiah: “orang ombak”). Samurai yang bertugas di wilayah han disebut hanshi.
    Samurai harus sopan dan terpelajar, dan semasa Keshogunan Tokugawa berangsur-angsur kehilangan fungsi ketentaraan mereka. Pada akhir era Tokugawa, samurai secara umumnya adalah kakitangan umum bagi daimyo, dengan pedang mereka hanya untuk tujuan istiadat. Dengan reformasi Meiji pada akhir abad ke-19, samurai dihapuskan sebagai kelas berbeda dan digantikan dengan tentara nasional menyerupai negara Barat. Bagaimanapun juga, sifat samurai yang ketat yang dikenal sebagai bushido masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini, sebagaimana aspek cara hidup mereka yang lain.

    Pada masa Edo, masyarakat Jepang menerapkan kasta-kasta. Urutan kasta pada masa Edo adalah samurai, petani, tukang, dan pedagang, yang dalam ringkasan berbahasa Jepang dikenal sebagai shi nou kou shou, yaitu shi dari kata bushi (samurai), nou dari kata noumin (petani), kou dari kata kounin atau shokunin dan terakhir shou dari kata shounin (pedagang).Petani menempati urutan kelas dua setelah para samurai, karena pada masa Edo, beras adalah makanan vital yang dengannya para petani menjadi orang kaya dibandingkan kasta lain. Semua kasta tergantung kepada mereka dengan produksi berasnya. Mereka dihargai para daimyo dan samurai karena produksi berasnya.

    Di jepang para samurai bisa disebut juga sebagai Pahlawannya. Tapi perlu temen-temen tahu, kalo Bushi di Jepang sekarang sudah ga ada.

    Samurai identik banget sama Harakiri. Junna-san temen aku juga ngeri denger kata ini.
    Harakiri bagi Para Samurai

    itu adalah Bunuh diri dengan cara menusuk dada atau perutnya lalu pedanngya di puter, trus pedangnya diarahin kebawah, kanan dan atas lagi, sampe usus keluar dan isi-isinya. hmm ngeri juga ya.
    tau ga kenapa orang-orang samurai ini berani gini? Para Samurai itu sangat mengabdi pada budaya dan negaranya, apabila mereka kalah, mereka siap mati. daripada hidup menanggung malu, lebih baik mati untuk negaranya, daripada hidup diselimuti rasa malu. Pemimin yang gagal dia juga bersedia di penggal kepalanya oleh orang yang dia pilih. Dan orang yang dipilih itu adalah suatu kehormatan, karena dipilih untuk memenggal kepala sang samurai itu.
    Mencermati Kisah Samurai dan Sejarahnya
    Mayoritas dari kita sendiri pasti sudah mengenal apa itu samurai. Kebanyakan pasti akan mendefinisikan samurai sebagai prajurit kuno Jepang yang ke mana-mana selalu membawa pedang dan identik pula dengan tindakan bunuh diri demi kehormatan yang disebut seppuku. Definisi tersebut memang tidak salah. Tapi setelah membaca buku ini, saya menyadari bahwa samurai tidak hanya sebatas itu. Samurai ternyata memiliki makna dan sejarah yang jauh melebihi pengucapan namanya yang hanya terdiri dari tiga suku kata. Sejarah itu tak hanya dalam hitungan puluhan atau ratusan tahun, melainkan lebih dari seribu tahun.
    kata samurai berasal dari kata kerja Jepang saburau yang berarti melayani. Kata ini digunakan pada zaman dahulu untuk menyebut pelayan pribadi yang setara dengan pembantu rumah tangga. Dalam perkembangannya kata ini kemudian digunakan untuk menyebut anggota kelas kesatria provinsi.
    Sejarah samurai sebagai kesatria sendiri dimulai pada zaman Heian (794-1185) ketika istana mentransfer tanggung jawab untuk menjaga ketertiban provinsi-provinsi kepada militer lokal. Pemindahan tanggung jawab dari pusat ke daerah inilah yang memicu kemunculan kelas kesatria provinsi. Sejak itu tradisi samurai muncul dalam tatanan masyarakat dan samurai pun menjadi sebuah strata sosial baru dalam masyarakat.
    Lalu ada beberapa hal yang sering kita ingat sebagai ciri khas seorang samurai, yaitu kebiasaannya membawa pedang/katana dan melakukan seppuku untuk menanggung rasa malu atau menjaga kehormatan diri. Tapi tahukah Anda bahwa sebelum diidentikkan dengan pedang, samurai identik dengan menunggang kuda dan busur panah? Bahkan samurai disebut sebagai kesatria yang tumbuh di punggung kuda. Hal ini terjadi di masa-masa awal sejarah perkembangan samurai. Pada masa itu samurai sebenarnya sudah membawa pedang ketika berperang. Tetapi ketergantungannya terhadap pedang tidak sebesar ketergantungannya terhadap busur. Apalagi dengan bentuk pedang di zaman itu yang berbentuk lurus sehingga malah menyulitkan ketika digunakan untuk pertarungan jarak dekat. Barulah di sekitar abad XII orang Jepang mengembangkan teknik membuat pedang dengan bentuk melengkung yang nantinya digunakan samurai sebagai senjata utama dalam bertempur.
    Sedangkan untuk ciri khas samurai yang lain—yaitu seppuku—mungkin merupakan ciri khas yang paling menyeramkan dari samurai. Cara yang paling lazim digunakan samurai untuk mengakhiri hidupnya adalah dengan mengeluarkan isi perutnya. Tidak jelas dari mana asal dan sebabnya mengapa cara ini lebih lazim dipakai. Sebelumnya ada satu cara yang telah lama dipraktikkan samurai untuk bunuh diri, yaitu mengubur diri hidup-hidup untuk menyusul kematian tuannya. Namun secara praktis, seppuku dengan cara mengeluarkan isi perut lebih banyak dipraktikkan—terutama di akhir zaman Heian.
    Bunuh diri khas Jepang ini sendiri memiliki dua penyebutan yang sudah lazim kita kenal, yaitu seppuku dan harakiri. Istilah yang terakhir lebih sering kita dengar dan lebih terkenal di dunia Barat. Seppuku sendiri merupakan istilah formal untuk pengeluaran isi perut, sedangkan harakiri merupakan istilah yang lebih vulgar yang berarti penyobekan perut. Dan sejak abad XVII seppuku menjadi vonis mati bagi samurai yang melanggar hukum yang paling berat. Di zaman Tokugawa ini pulalah seppuku menjadi sebuah tindakan yang sangat resmi dan bersifat ritual. Di halaman 40-45 kita dapat membaca sebuah ritual seppuku pada tahun 1868 yang ditulis oleh A.B. Mitford, seorang sekretaris konsulat Inggris di Jepang yang diberi kehormatan menjadi saksi ritual tersebut. Membaca penuturannya yang sangat detail tersebut, saya sukses dibikin merinding dan baru menyadari bahwa ritual ini benar-benar menyeramkan. Ternyata ritual ini tidak hanya sekedar merobek perut dan menebas kepala yang biasa saya lihat di film. Esensi dari ritual ini ternyata jauh melebihi itu.
    Hal menarik lain dari samurai yang baru saya ketahui adalah kebiasaan mereka dalam menyebutkan menyebutkan nama dan silsilah secara lengkap ketika bertempur. Sebenarnya saya sudah pernah membaca hal ini ketika membaca novel Taiko karya Eiji Yoshikawa. Tapi, waktu itu saya menganggap hal itu konyol sekali dan mengira itu hanyalah bumbu yang ditambahkan sang pengarang. Eh ternyata, penyebutan nama dan silsilah sebelum berduel itu adalah cara samurai untuk menyatakan keberanian dan kebanggaan mereka yang luar biasa akan garis keturunan dan latar belakang keluarga mereka. Jadi tidak heran jika di masa lalu para samurai akan memilih-milih lawan yang sederajat untuk berduel di medan perang.
    Sayangnya sejarah samurai yang panjang dan kulturnya yang ikut membentuk sejarah serta kebudayaan Jepang tidak lantas membuat samurai selalu eksis. Samurai memiliki akhir yang tragis. Di era restorasi Meiji hak istimewa dan kelas samurai dihapus. Namun di dalam epilog Paul Varley menyatakan bahwa nilai moral dan pedoman tingkah laku dalam wujud “jalan samurai” atau bushido tetap ada. Malahan menjadi tuntunan terkuat bangsa Jepang dalam memasuki abad XX.
    Secara keseluruhan buku ini cukup memuaskan saya. Mulai dari prolog hingga epilog saya disuguhi banyak wawasan baru yang menarik. Di antaranya adalah yang saya ceritakan di paragraf-paragraf sebelumnya. Dan masih banyak hal menarik lain dalam buku ini, di antaranya cuplikan epos heroik para samurai terkenal dan kegigihan mereka dalam melawan invasi pasukan Mongol. Semua dituturkan secara singkat dan mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. Penerjemahan buku ini juga cukup bagus. Ditambah dengan banyaknya ilustrasi serta foto yang menyertai buku ini sangat membantu kita untuk lebih mudah memahami beberapa konteks yang dituturkan Paul Varley. Sayangnya saya menemukan banyak sekali penggunaan kata-kata yang tidak sesuai dengan kaidah KBBI, seperti kata ‘praktik’ yang ditulis ‘praktek’, ‘invasi’ ditulis ‘invansi’, ‘kesatria’ ditulis ‘ksatria’, dan beberapa kata lain. Semoga hal ini lebih diperhatikan editor dan penerbit untuk cetakan selanjutnya. Dan kover buku ini sendiri menurut saya unik, sama sekali tidak seperti kover sebuah buku sejarah. Menurut saya malah seperti kover sebuah komik, he-he-he. Jika kalian mencari buku sejarah yang ringan dibaca dan terutama ingin mengetahui lebih jauh tentang dunia samurai, buku ini bisa menjadi pilihan yang tepat.
    Samurai adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata “samurai” berasal dari kata kerja “samorau” asal bahasa Jepang kuno, berubah menjadi “saburau” yang berarti “melayani”, dan akhirnya menjadi “samurai” yang bekerja sebagai pelayan bagi sang majikan.
    Istilah yang lebih tepat adalah bushi(harafiah: “orang bersenjata”) yang digunakan semasa zaman Edo. Bagaimanapun, istilah samurai digunakan untuk prajurit elit dari kalangan bangsawan, dan bukan contohnya, ashigaru atau tentara berjalan kaki. Samurai yang tidak terikat dengan klan atau bekerja untuk majikan (daimyo) disebut ronin (harafiah: “orang ombak”). Samurai yang bertugas di wilayah han disebut hanshi.
    Samurai harus sopan dan terpelajar, dan semasa Keshogunan Tokugawa berangsur-angsur kehilangan fungsi ketentaraan mereka. Pada akhir era Tokugawa, samurai secara umumnya adalah kakitangan umum bagi daimyo, dengan pedang mereka hanya untuk tujuan istiadat. Dengan reformasi Meiji pada akhir abad ke-19, samurai dihapuskan sebagai kelas berbeda dan digantikan dengan tentara nasional menyerupai negara Barat. Bagaimanapun juga, sifat samurai yang ketat yang dikenal sebagai bushido masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini, sebagaimana aspek cara hidup mereka yang lain. ***

  22. Nama : Sabbhihisma
    Bp : 2012
    Prodi : sejarah

    Jepang pada masa perang asia timur raya

    A.latar belakang perang asia timur raya
    Setelah perang dunia 1, jepang berhasil menjadi Negara yang kuat di dunia, sehingga jepang berinisiatif untuk membuat Negara asia timur raya, untuk mencapai cita-citanya tersebut jepang harus menguasai daerh-daerah di asia pasifik. Perang asia timur. raya di sebut juga perang asia pasifik,karena perang ini terjadi di samudera pasifik dan daerah di sekitarnya.perang ini berawal ketika jepang mnyerang tiongkok,peristiwa itu disebut juga insden jembatan marcopolo,setelah itu jepang mnyerang pearl harbor,hawai,penyerang ini dilakukan secara tiba-tiba,tanpa pernyataan perang terlebih dahulu kepada pihak amerika ke.dan dilakukan pula pada hari minggu tepat pada saat tentara usa beristirahat.kemudian jepang mnyerang 2 buah kapal milik britania raya di singapura,dan berhasil menenggelamkannya,sehingga pasukan sekutu berhasil dipukul mundur ke Australia.jepang berhasil mnguasai sebagian besar daerah di kawasan asia tenggara,cita citanya ingin membuat Negara asia timur raya telah berhasil.
    Tapi keberhasilan jepang hanya berlangsung sampai tahun 1945 ,akibat serangan dari sekutu,yaitu di bom nya kota Tokyo.Setelah serangan tersebut jepang mulai mengalami kemunduran,dan terbunuhnya laksamana perang yaitu Yamamoto mereka saat berperang di Midway di dekat samudera pasifik.dan pada tanggal 6 agustus 1945 di bom nya kota Hiroshima,dan pada tanggal 9 agustus di tahun yang sama kota Nagasaki juga di bom oleh sekutu.
    Setelah peristiwa itu wilayah-wilayah kekuasaan jepang diambil alih oleh sekutu,yaitu Okinawa,iwo jima,Saipan dan pada tanggal,15 agustus 1945 jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu,dan jepang melakukan perjanjian dengan pihak sekutu diatas USS Missouri,pihak Jepang diwakilkan oleh Mamoru Shigemitsu dan dari pihak sekutu diwakili oleh Jendral Douglas Mc Arthur.

  23. Cina pada Masa Mao Tse Tung
    Masa kecil Mao Zedong
    Saya terlebih dahulu akan membahas sejarah kelahirannya .Mao Zedong lahir di Shaoshan, Hunan, 26 Desember 1893 meninggal di Beijing, 9 September 1976 pada umur 82 tahun,ia adalah seorang tokoh filsuf dan pendiri negara Republik Rakyat Cina dan salah satu tokoh terpenting dalam sejarah modern Cina.
    Lahir di sebuah keluarga petani miskin, sejak kecil Mao harus bekerja keras dan hidup prihatin. Meskipun di kemudian hari keadaan ekonomi keluarganya meningkat, tetapi kesengsaraan di masa kecil itu banyak memengaruhi kehidupannya kelak.
    Ketika kecil, Mao dikirim untuk belajar di sekolah dasar. Pendidikannya sewaktu kecil juga mencakup ajaran-ajaran klasik Konfusianisme. pada usia 13 tahun, ayahnya menyuruhnya berhenti bersekolah dan menyuruhnya bekerja di ladang-ladang. Mao memberontak dan bertekad ingin menyelesaikan pendidikannya sehingga ia nekat kabur dari rumah. Pada tahun 1905, ia mengikuti ujian negara yang pada saat itu mulai menghapus paham-paham konfusianisme lama yang digantikan oleh pendidikan gaya Barat. Hal ini menandakan permulaan ketidakpastian intelektual di Cina.
    Pada tahun 1911, Mao terlibat dalam Revolusi Xinhai yang merupakan revolusi melawan Dinasti Qing yang berakibat kepada runtuhnya kekaisaran Cina yang sudah berkuasa lebih 2000 tahun sejak tahun 221 SM. Tahun 1912, Republik Cina diproklamasikan oleh Sun Yat-sen dan Cina dengan resmi masuk ke zaman republik. Mao lalu melanjutkan sekolahnya dan mempelajari banyak hal antara lain budaya barat. Pada tahun 1918 ia lulus dan lalu kuliah di Universitas Beijing.
    Mao Zedong dan Partainya
    Partai Mao didirikan pada tahun 1921. Antara tahun 1934 – 1935 ia memegang peran utama dan memimpin Tentara Merah Cina menjalani “Mars Panjang”. Lalu semenjak tahun 1937 ia ikut menolong memerangi Tentara Dai Nippon yang menduduki banyak wilayah Cina. Akhirnya Perang Dunia II berakhir dan perang saudara berkobar lagi. Dalam perang yang melawan kaum nasionalis ini, Mao menjadi pemimpin kaum Merah dan akhirnya ia menangkan pada tahun 1949. Pada tanggal 1 Oktober tahun 1949, Republik Rakyat Cina diproklamasikan dan pemimpin Cina nasionalis, Chiang Kai Shek melarikan diri ke Taiwan.
    Falsafah Mao Ze dong

    Mao Zedong di tahun 1936
    Konsep falsafi Mao yang terpenting adalah konflik. Menurutnya: “Konflik bersifat semesta dan absolut, hal ini ada dalam proses perkembangan semua barang dan merasuki semua proses dari mula sampai akhir.” Model sejarah Karl Marx juga berdasarkan prinsip konflik: kelas yang menindas dan kelas yang tertindas, kapital dan pekerjaan berada dalam sebuah konflik kekal. Pada akhirnya situasi baru ini akan menjurus kepada sebuah krisis lagi, tetapi secara logis semua proses akhirnya menurut Mao, akan membawa kita kepada sebuah keseimbangan yang stabil dan harmonis. Mao jadi berpendapat bahwa semua konflik bersifat semesta dan absolut, jadi dengan kata lain bersifat abadi. Konsep konflik Mao ini ada kemiripannya dengan konsep falsafi yin-yang. Semuanya terdengar seperti sebuah dogma kepercayaan.
    Contoh-contoh yang diberikan oleh Mao Zedong mengenai ‘konflik’ dalam disiplin yang berbeda-beda diambilnya dari Lenin. Beberapa analogi memang pas tetapi yang lain-lain tidak. Bilangan-bilangan negatif dan positif merupakan sebuah contoh yang buruk mengenai dialektika marxisme karena perbedaan mereka tidak dinamis: hanya ada bilangan-bilangan negatif dan positif baru yang bermunculan. Pendapat Mao menjadi meragukan lagi apabila ia mengatakan bahwa ‘konflik’-‘konflik’ ini merupakan ‘intisari’ daripada disiplin ilmu pengetahuan yang bersangkutan. Mao adalah seseorang yang terpelajar dan pengertian-pengertiannya yang salah bisa diterangkan dari sebab ia sangat terobsesi dengan konsep konflik ini. Obsesi ini juga memengaruhi keputusan-keputusan politiknya seperti akan dipaparkan di bawah nanti.
    Konsep Mao kedua yang penting adalah konsepnya mengenai pengetahuan yang juga ia ambil dari paham Marxisme. Mao berpendapat bahwa pengetahuan merupakan lanjutan dari pengalaman di alam fisik dan bahwa pengalaman itu sama dengan keterlibatan.
    Hanya setelah seseorang mendapatkan pengalaman, maka ia baru bisa melompat ke depan. Setelah itu pengathuan dipraktekkan kembali yang membuat seseorang mendapatkan pengalaman lagi dan seterusnya. Di sini diperlihatkan bahwa Mao tidak saja mengenal paham Marxisme tetapi juga paham neokonfusianisme seperti dikemukakan oleh Wang Yangmin yang hidup pada abad ke 15 sampai ke abad ke 16.
    Mao dan Kebijakan Politiknya
    Mao membedakan dua jenis konflik; konflik antagonis dan konflik non-antagonis. Konflik antagonis menurutnya hanya bisa dipecahkan dengan sebuah pertempuran saja sedangkan konflik non-antagonis bisa dipecahkan dengan sebuah diskusi. Menurut Mao konflik antara para buruh dan pekerja dengan kaum kapitalis adalah sebuah konflik antagonis sedangkan konflik antara rakyat Cina dengan Partai adalah sebuah konflik non-antagonis.
    Pada tahun 1956 Mao memperkenalkan sebuah kebijakan politik baru di mana kaum intelektual boleh mengeluarkan pendapat mereka sebagai kompromis terhadap Partai yang menekannya karena ingin menghindari penindasan kejam disertai dengan motto: “Biarkan seratus bunga berkembang dan seratus pikiran yang berbeda-beda bersaing.” Tetapi ironisnya kebijakan politik ini gagal: kaum intelektual merasa tidak puas dan banyak mengeluarkan kritik. Mao sendiri berpendapat bahwa ia telah dikhianati oleh mereka dan ia membalas dendam. Sekitar 700.000 anggota kaum intelektual ditangkapinya dan disuruh bekerja paksa di daerah pedesaan.
    Peristiwa yang paling dramatis dan mengenaskan hati ialah peristiwa Revolusi Kebudayaan yang terjadi pada tahun 1966. Pada tahun 1960an para mahasiswa di seluruh dunia memang pada senang-senangnya memberontak terhadap apa yang mereka anggap The Establishment atau kaum yang memerintah. pada tahun 1966 sangat membabi buta dalam memberantas kaum kontra revolusioner sehingga negara Cina dalam keadaan amat genting dan hampir hancur, ekonominyapun tak jalan. Akhirnya Mao terpaksa menurunkan Tentara Pembebasan Rakyat untuk menanggulangi mereka dan membendung fanatisme mereka. Hasilnya adalah perang saudara yang baru berakhir pada tahun 1968.
    Kegagalan Mao
    Pada tahun 1958 Mao meluncurkan apa yang ia sebut Lompatan Jauh ke Depan di mana daerah pedesaan direorganisasi secara total. Di mana-mana didirikan perkumpulan-perkumpulan desa (komune). Secara ekonomis ternyata ini semua gagal. Komune-komune ini menjadi satuan-satuan yang terlalu besar dan tak bisa terurusi. Diperkirakan kurang lebih hampir 20 juta jiwa penduduk Cina kala itu tewas secara sia-sia.

    Mao Zedong dan PBB
    Mao Zedong memproklamasikan Republik Rakyat Cina pada tanggal 1 Oktober 1949.Republik Rakyat Cina semenjak diproklamasikan oleh Mao pada tahun 1949 tidak diakui oleh Amerika Serikat. Amerika Serikat tetap mengakui Republik Nasionalis Cina yang semenjak tahun 1949 hanya menguasai pulau Formosa atau Taiwan dan sekitarnya. Cina yang sejak didirikannya PBB pada tahun 1945 sudah menjadi anggota Dewan Keamanan secara tetap bersama dengan Amerika Serikat, Britania Raya, Perancis dan Uni Soviet (Rusia) sebagai pemenang Perang Dunia II, tetap diwakili pula.
    Pada akhir tahun 1960-an presiden Amerika Serikat, Richard Nixon, mulai mendekati Republik Rakyat Cina dan akhirnya dengan persetujuan Uni Soviet RRC menjadi anggota Dewan Keamanan PBB mulai tahun 1972 dan menggantikan Taiwan.
    Warisan Mao dan Republik Rakyat Cina saat ini
    Pada tahun 1976 Mao Zedong meninggal dunia. Setelah itu Republik Rakyat Cina menjadi semakin terbuka. Normalisasi hubungan diplomatik dengan Indonesia juga terwujud pada tahun 1992. Bahkan Cina bisa melampaui Rusia dalam perkembangannya. Hal yang dipertentangkan sekarang ialah apakah ini semua bisa diraih berkat jasa-jasa Mao atau karena pengaruhnya sudah tipis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s